23.7 C
New York

WEBINAR TEKNOLOGI: Peran Pemuda dalam Membangun Karakter Pemuda dengan Literasi Digital

Published:

Racana Pramuka Universitas Negeri Medan pada Minggu, 23 Januari 2022 mengadakan webinar teknologi dengan mengusung tema “Peran Pemuda dalam Membangun Karakter Pemuda dengan Literasi Digital”, Webinar ini dimulai pada pukul 09.00 WIB melalui virtual Zoom Meeting, dan juga diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai daerah dan instansi. Roni Wijaya Saragih selaku Ketua Dewan Racana KHD dalam kata sambutannya berharap agar generasi muda bisa menjadi agen perubahan dalam penyebaran berita-berita hoax yang marak berkembang di masyarakat.


Webinar ini menghadirkan dua pembicara yakni, Bagas Mahardika Purnomo S.S yang merupakan DKC Kota Medan, Naskah Editor, sekaligus Konsultan Naskah yang membawakan materi “Bijak Berekspresi di Ruang Digital” dan juga Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM yang merupakan Plt. Kepala Dinas P2KBP3A yang membawakan materi “Literasi Digital untuk Milenial Anti Hoax”.


Bagas Mahardika Purnomo S.S menyampaikan bahwa dalam bermedia digital kita tidak cukup hanya mampu mengoperasikan berbagai perangkat TIK dalam kehidupan sehari-hari. Namun, juga harus bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk sebesar-besar manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Begitu juga dengan Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM, beliau menyampaikan ada beberapa cara dalam membedakan sebuah berita itu hoax atau tidak, yakni bisa dilihat dari; pemilihan kata-kata janggal, seolah persuasif dan memaksa, sumber berita kurang familiar, penggunaan huruf-huruf besar dan tanda seru, tidak ada kejelasan informasi soal waktu, berisikan opini seseorang bukan fakta, dominan situs dan URL tidak benar dan kerap menggunakan blog gratisan, dan yang terakhir cek Google untuk mengetahui hoax atau bukan.


Kegiatan menarik dari webinar ini selanjutnya yaitu, diakhiri dengan game. Game tersebut berupa kuis yang berisikan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada peserta. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan cepat dan juga tepat akan mendapatkan poin, dan tiga peserta dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah dari panitia. Banyak peserta yang antusias dengan webinar ini dan webinar ini pun berjalan dengan lancar hingga akhir.

Kru : Fatimah Zuhro Hasibuan

Related articles

Recent articles