12.9 C
New York

Webinar Nasional “Mengenal PLS/PENMAS Lebih Dekat”

Published:

Pada Jum’at, 10 September 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PLS/PENMAS bekerja sama dengan IKAPLUSDIKMAS (Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat) UNIMED melaksanakan Webinar Nasional secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube dengan tema “Mengenal PLS/PENMAS Lebih dekat”. Pada webinar kali ini dihadiri oleh Dekan FIP UNIMED yaitu bapak Prof. Yusnadi, MS. Besera wakilnya. Juga dihari ketua jurusan PLS/ PENMAS bapak Dr. Sudirman, SE., M.Pd. beserta sekretaris jurusan dan dosen-dosen Universitas Negeri Medan. Tentunya juga dihadiri Ketua Umum IKAPLUS UNIMED abangda Eko Haryanto, S.Pd. beserta alumni PLS, Mahasiswa dan tamu dari seluruh Indonesia. Juga dihadiri 3 narasumber yaitu Lidia Natalia Br. Sitompul, S.Pd. yang merupakan ASN BP PAUD DIKMAS Provinsi Nusa Tenggara Timur, juga bapak Drs. Tawar Malem Sembiring, M.AP. yang merupakan ASN SETDA Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dan juga Ibu Patimah Rambe, S.Pd yang merupakan ASN BKKBN Provinsi Sumsel.

Pada webinar ini Eko Haryanto, S.Pd selaku Ketua panitia sekaligus ketua umum IKAPLUS UNIMED menyampaikan bahwa tujuan awal dari penyelenggaraan webinar ini adalah acara pengenalan awal kepada seluruh mahasiswa baru PLS/PENMAS UNIMED sebagai pembekalan dan pengenalan di awal perkuliahan dengan menghadirkan alumni-alumni PLS namun dirasa kegiatan tersebut layak untuk diikuti oleh public maka kegiatan terselengggara secara nasional Pada webinar berskala nasional. Berdasarkan sumber dari aabangda Eko Haryanto, S.Pd. selaku panitia juga menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti webinar hampir mencapai 500 orang dari seluruh Indonesia “ini menunjukkan betapa antusiasnya masyarakat terhadap perkembangan PLS/PENMAS saat ini”.
Tujuan dalam penyelenggaraan webinar ini sendiri agar masyarakat lebih mengenal mengenai PLS, serta arah dan tujuan dari PLS sendiri sehingga PLS dapat lebih meluas dan dikenal masyarakat, serta membangun semangat motivasi mahasiswa dan masyarakat untuk mempelajari dan mengembangkan PLS di kehidupan sehari-hari. Eko Haryanto dalam kata sambutannya juga menyebutkan “5 poin utama yang dibutuhkan dimasa depan, yang pertama itu konten, konteks, kolaborasi, kreativitas, dan komitmen”.


Dalam webinar kali ini ketua jurusan PLS/PENMAS bapak Dr. Sudirman, SE., M.Pd. dalam kata sambutannya mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan webinar nasional tersebut. Dalam webinar ini bapak Prof. Dr. Yusnadi, MS. juga menyampaikan dalam kata sambutannya kepada mahasiswa baru sebagai penyemangat mengutip kata mutiara dari Khairul Anwar “Bersainglah dengan pemenang niscaya anda akan menjadi juara. jangan bersaing dengan yang kalah kalau menangpun belum tentu anda menjadi juara”. Mengutip dari perkataan bapak Prof. Yusnadi, MS selaku dekan FIP UNIMED bahwa “PENMAS harus menjadi pencipta lapangan kerja (Employee Society) bukan pencari lapangan kerja”

Dalam webinar mengutip dari pertanyaan salah satu peserta webinar yaitu “Keterampilan seperti apa yang harus dimiliki pengajar luar sekolah di tengah pandemi ini agar terus memastikan berlangsungnya proses pembelajaran?” Ibu Lidia Natalia selaku narasumber menanggapi “permendikbud sudah memberikan banyak kebebasan dan inovasi, dalam proses pemelajaran guru bisa mengadakan kunjungan ke rumah anak didik, pembelajaran dapat tetap dilakukan melalui handphone, pandemi tidak menghalangi kita yang penting harus menguasai IT” jawab dari narasumber.

Kegiatan webinar ini berlangsung dengan baik yang diikuti oleh antusias yang luar biasa dari para peserta yang menunggu sesi kejutan pada akhir webinar yaitu pengumuman doorprize berupa pulsa untuk kategori 2 foto dan 3 pertanyaan terbaik dari peserta webinar. Di akhir penyampaian materi oleh salah satu narasumber yaitu bapak Drs. Tawar Malem Sembiring, M.AP. terdapat pesan yang memercikkan api semangat yaitu “Jangan lah ragu dan bimbang, seumpama batang ubi yang dimana saja dapat tumbuh” serta mengutip pesan yang diberikan oleh ibu Patimah Rambe S.Pd. yaitu “Banggalah kamu dengan jurusan yang kamu tempuh sekarang karena suatu saat kamu akan paham kenapa kamu masuk di jurusan itu” sebagai motivasi sekaligus penyemangat bagi adik-adik mahasiswa dalam menghadapi lika-liku dunia perkuliahan.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles