15.3 C
New York

Webinar Jurnalistik: Media Digital, Kanvas Berekspresi Masa Kini

Published:

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pena Budaya Universitas Padjadjaran (UNPAD) menyelenggarakan webinar jurnalistik dengan tema Media Digital: Kanvas Berekspresi Masa Kini, sebagai Acara Puncak Festival Jurnalistik 2021 pada Sabtu ,4 Desember 2021.

Acara yang dibuka langsung oleh MC Fahmi Nugraha dan acara dipandu oleh Moderator yaitu Charlenne Kayla Roesli yang merupakan Jurnalis Lepas. Webinar ini menghadirkan pembicara yaitu Andreas Harsono yang merupakan Peneliti Human Rights Watch.

Pembicara membawakan materi yang bervariasi, yaitu tentang media sosial, cara berekspresi, dan penulisan opini.

Gimana kita bisa berekspresi tapi tetap aman ? secara umum ketika kita menggunakan  media social yaitu WhatsApp , Twitter dan Instragam anda harus memahami  jurnalistik, anda harus tau 10 Elemen Jurnalistik dan anda harus tau esensi jurnalis adalah verifikasi, verifikasi mempunyai 3 platform yang pertama kita harus transparan ¸yang kedua sadar akan urutan sumber yang didapat dan yang harus bersikap rendah hati dan tidak mengeluarkan ansumsi anda sendiri.

Jurnalis harus profesional dan komprehensif maksudnya jangan hanya komprehensif tapi juga harus profesional dan juga jangan profesional tanpa komprehensif tambah Andreas Harsono.

Pembicara juga menyampaikan closing statement yaitu mengatakan “Belajar jurnalis atau belajar verfikasi bila ingin memakai media social,jika tidak ada keperluuan yang mendesak menurut saya jangan memakai media social, karena menghabiskan waktu dan kalau salah menggunakan media social bisa masuk penjara “.

Diakhir acara Panitia mengumumkan pemenang Challenge Festival Jurnalisa 2021 dan pengisian Link Absensi oleh peserta Webinar.

Kru : A’liyya Putri dan Suci Cyntia

Related articles

Recent articles