15.3 C
New York

Webinar Al-Qur’an VS Gadget Oleh YouShoft

Published:

Jumat (25/12)- Telah berlangsung Webinar yang diselenggarakan oleh YouShoft, dengan mengusung tema Al-Qur’an VS Gadget.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB, dengan jumlah peserta sekitar 167 orang, terbuka untuk umum di seluruh Indonesia. Adapun serangkaian kegiatan ini dinulai dari pembukaan, materi, foto bersama pemateri dan games yang dipandu oleh panitia.

Ustadz H. Nur Ihsan Jundullah, Lc. (Kang Abe) sebagai pemateri menyampaikan bahwa dalam materi Al-Qur’an VS Gagdet ini dapat ditarik 2 garis besar, diantaranya: 1) jangan sampai mengacuhkan Al-Qur’an karena gadget; dan 2) cari kebaikan dengan nikmat/anugerah yang Allah berikan.

Seperti halnya materi yang disampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan pemuda muslim, betapa pentingnya menjadikan Al-Qur’an sebagai bagian dari kehidupan, sebab tak dapat dipungkiri bahwa kemungkinan besar pemuda lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan gadget daripada Al-Qur’an.

Bagaimana cara kita menjadi Ahlul Qur’an?
Ahlul Qur’an bukan hanya mengahafal atau mebacanya, namun mereka mengamalkan isi yang ada di dalam Al-Qur’an. Serta berpedoman kepada Al-Qur’an dalam menjalankan kehidupannya.

Apa keuntungannya jika kita menjadi seorang Ahlul Qur’an?
Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga diantara manusia.
Sahabat bertanya: Siapa itu ya Rasulullah?
Rasulullah pun menjawab: Mereka adalah para Ahlul Qur’an, mereka keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.

Sampai saat ini, acara masih dilaksanakan secara kondusif melalui aplikasi Zoom dan YouTube. Pemateri berharap agar peserta dapat menjadikan gadget sebagai ladang pahala seperti firman Allah:

وَا بْتَغِ فِيْمَاۤ اٰتٰٮكَ اللّٰهُ الدَّا رَ الْاٰ خِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَ حْسِنْ كَمَاۤ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْـفَسَا دَ فِى الْاَ رْضِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qasas:77).

Related articles

Recent articles