12.9 C
New York

Volunteer Now, For Our Common Future

Published:

Medan, Persma Kreatif – Gerakan Unimed Mengabdi menyelenggarakan webinar dengan mengangkat tajuk “Volunter Now, For Our Common Future”. Webinar ini merupakan bagian dari program kerja divisi yaitu kelas kepemimpinan dan relawan. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Sabtu (18/6/22).

Acara dihadiri oleh Ketua Umum Gerakan Unimed Mengadi yakni Abangda Syarif Maulana Harahap, Ibu Dr. Rosramadhana, S.Pd., M.Si selaku Pembina Gerakan Unimed Mengabdi dan sebanyak 133 peserta dari berbagai Instansi yang antusias mengikuti webinar kepemimpinan dan relawan ini. Webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Rizki Ramadhan selaku Founder Gerakan Unimed Mengabdi dan Rayanda Al Fathira selaku Presma Unimed 2021. Narasumber sangat memotivasi dan berpengalaman di bidang kepemimpinan dan relawan,
Kegiatan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana, Ketua Umum Gerakan Unimed Mengabdi dan Pembina Gerakan Unimed Mengabdi yaitu Dr. Rosramadhana,S.Pd.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini wadah yang bagus bagi mahasiswa saat ini. “Menjadi sukarelawan butuh perjuangan yang sangat kuat dan berharga. Bunda yakin apa yang dilakukan saat ini akan memberikan manfaat di masa mendatang, bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk lingkungan sekitar juga”. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian dan penyerahan sertifikat kepada kedua pemateri yang diwakilkan langsung oleh Pembina Gerakan Unimed Mengabdi .

Rizki Ramadhan sebagai pemateri pertama menyampaikan materi mengenai Kerelawanan. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa relawan adalah orang-orang yang rela memberikan waktu dan kemampuan kepada kelompok dan masyarakat, memiliki kepedulian, kasih, dan memperjuangkan nasib kaum miskin berbasis nilai-nilai kemanusiaan adalah kriteria utama menjadi seorang relawan. “Aku selalu menyederhanakan pemikiran yang besar dan bersugesti kepada diri sendiri bahwa aku akan mampu membuat perubahan untuk orang banyak” kata beliau dalam pemaparannya.

Rayanda Al Fathira sebagai pemateri kedua menyampaikan materi mengenai Kepemimpinan. Dalam pemaparannya beliau sampaikan hal yang paling mendasar yaitu dalam memimpin orang lain yaitu dengan memahami diri kita sendiri, jadi kita harus mengontrol diri kita terlebih dahulu barulah kita bisa memimpin orang lain ataupun tim lain. “Tetap percaya pada kemampuan kita, tetap percaya pada nilai diri kita” tutur beliau dalam pemaparannya.

Setelah pemaparan materi, moderator memandu peserta untuk melakukan sesi tanya jawab antara pemateri dengan penanya. Kegiatan webinar ini juga semakin menarik karena diadakannya doorprize dan memberi kesempatan kepada setiap peserta untuk berpartisipasi.

Di akhir acara, Pewara mengucapkan terima kasih atas partisipasi peserta dari seluruh Instansi yang hadir dan turut memeriahkan kegiatan webinar kelas kepemimpinan dan relawan tahun 2022 ini, dengan harapan akan bertemu lagi di webinar tahun berikutnya.

Related articles

Recent articles