asd
32.3 C
New York

Seminar Bunkasai USU 2022 : “Prepare Yourself & Hit The Road To Japan”

Published:

Medan, Persma Kreatif— program studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara sukses menggelar seminar betajuk “Prepare Yourself & Hit The Road To Japan”. Kamis, (16/06) Seminar kali ini digelar dengan mengambil tema “Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jepang dan Sharing Inspiratif Bersama Awardee Beasiswa di Jepang”.

“Seperti yang kita ketahui bahwasanya Jepang merupakan salah satu Negara destinasi favorit bagi para pengejar beasiswa pendidikan di Indonesia. Negara Jepang juga kaya akan budaya, di mana pada seminar kali ini kita akan mengikuti workshop kebudayaan. Dapat saya katakan bahwa seminar kali ini sangat menarik untuk diikuti,” ujar Riza Khairi Saputra Lubis selaku ketua pelaksana Bunkasai USU 2022 dalam kata sambutannya.

Alimansyar SS, M.A., Ph.D selaku Kepala Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya USU, dalam kata sambutannya menuturkan, “Seminar kali ini membahas mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang. Jadi, hari ini pihak konsulat akan memberikan informasi yang seluas-luasnya terkait beasiswa yang bisa di-aplly dari Indonesia dan tentunya dari Medan. Kemudian, nanti akan ada testimoni dari mahasiswa yang dulunya pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Jepang. Harapan kami tentunya para peserta seminar hari ini dapat berpartisipasi secara aktif untuk melakukan tanya jawab dan sebagainya sehingga informasi yang disampaikan tepat sasaran dan bisa bermanfaat selanjutnya.” Di akhir kata sambutannya, Alimansyar berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan seminar kali ini, juga kepada seluruh peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti seminar tersebut.
Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Budaya yakni Muhammad Pujiono SS., M.Hum., Ph.D turut memberikan kata sambutannya dalam seminar Bunkasai USU 2022.

“Para hadirin yang berbahagia, sudah menjadi hal yang diketahui masyarakat luas bahwa Bunkasai FIB USU merupakan event tahunan yang banyak diminati dan dinantikan. Namun, pandemi yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini menjadikan Bunkasai FIB USU tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, sejalan dengan terkendalinya penyebaran virus Covid-19, Bunkasai dapat kembali dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Saya berharap Bunkasai ini dapat dimaknai sebagai momentum terhimpunnya semangat baru dalam kampus, baik dari elemen mahasiswa dan dosen untuk meraih pencapaian-pencapaian yang lebih baik melalui hasil kreatifitas dan kerja keras.”

Dalam kata sambutannya, Pujiono juga menuturkan harapannya yaitu seminar hari ini dapat menjawab sepenuhnya pertanyaan para mahasiswa dan pelajar yang hadir mengenai bagaimana study di Jepang dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk melanjutkan study di Jepang.

Di akhir kata sambutannya, Pujiono resmi membuka kegiatan Bunkasai 2022. Di mana, dalam seminar yang berlangsung secara meriah tersebut mengundang 4 pembicara sekaligus, yaitu Tn. Kubo Ryutaro (Konsulat Muda Jepang di Medan), Khairun Ar Rasyid (Kepala Departemen Bahasa Jepang Nakamura School), Mumtazia Aulia Fitri (Penerima Beasiswa MEXT Japanesse Studies 2020), dan Sri Utari (Staf bagian informasi, kebudayaan dan pendidikan di Konsulat Jenderal Jepang di Medan). Keempat pemateri tersebut membahas dan mengupas habis hal-hal yang berkaitan dengan cara mendapatkan beasiswa ke Jepang. Seminar tersebut berlangsung dengan sukses tanpa kendala yang berarti.

Related articles

Recent articles