12.9 C
New York

Unimed Gelar Vaksinasi untuk Warga Kampus sebagai Dukungan Perencanaan Kuliah Tatap Muka

Published:

Setelah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) pada Juli 2021 silam, kini Universitas Negeri Medan (Unimed) bekerjasama dengan Bank SUMUT menyelenggarakan program vaksinasi untuk warga Unimed yang meliputi Mahasiswa, Dosen, dan Tendik. Program vaksinasi dosis pertama ini dilakukan pada Selasa, 09/11/21 di Gedung Gelanggang Mahasiswa H. Anif Universitas Negeri Medan.

Penyelenggaraan vaksin akan dilakukan dalam dua hari, yakni Selasa (09/11) dan Rabu (10/11). Penjadwalan yang dikelompokkan sesuai dengan Fakultas masing-masing ini ditujukan agar program vaksinasi berjalan dengan tertib dan sesuai dengan prosedur.

Dr. M. Surip, M.Si. selaku Kepala Humas Unimed menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan vaksin kepada seluruh civitas akademika sekaligus mendukung perencanaan Unimed yang akan menyelenggarakan kuliah tatap muka semester depan, “program vaksinasi ini pasti ada hubungannya dengan rencana kita menyelenggarakan tatap muka. Karena Pemerintah melalui Kemendikbud juga sudah membuka peluang untuk kuliah tatap muka. Tapi, saat ini masih masuk dalam proses pengkajian apakah memungkinkan atau tidak menyelenggarakan kuliah tatap muka di Unimed. Kita melihat juga kondisi pandemi pada awal tahun 2022 nanti untuk perkuliahan semester genap.”

Vaksin yang digunakan dalam program ini adalah vaksin jenis Pfizer. Vaksin jenis Pfizer merupakan vaksin yang sudah dikembangkan sejak tahun 2020 yang merupakan vaksin hasil kerjasama dari perusahaan farmasi Amerika, Pfizer dan perusahaan Bioteknologi Jerman, BioNTech. Vaksin jenis Pfizer dapat mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab dari wabah Covid-19.

“Vaksinasi ini bekerjasama antara Bank Sumut dan Unimed. Bank sumut sebagai penyedia fasilitas vaksinasi dan Unimed sebagai penyedia peserta vaksinasi meliputi mahasiswa, pegawai, dosen, dan seluruh civitas. Jadi diharapkan agar kita ikut sama-sama menyukseskan program Pemerintah kepada seluruh warga negara Indonesia agar bisa vaksin untuk menghindari perkembangan pandemi Covid-19 yang sudah masuk level dua dan menuju level satu. Mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini, seluruh civitas Unimed bisa vaksin supaya nantinya dapat kita kaji apakah memungkinkan dilaksanakannya kuliah tatap muka seratus persen.” Ucap Kepala Humas Unimed. Lebih jauh, beliau mengimbau agar Mahasiswa maupun Civitas akademika Unimed dapat melakukan vaksin dimana saja jika tidak berkesempatan vaksin di Unimed.

“Bank Sumut menyediakan delapan ribu dosis. Tapi, pada vaksininasi awal ini Unimed hanya minta empat ribu dosis dulu. Seandainya empat ribu dosis sudah terpenuhi, kita bisa minta tambahan. Akan kita lihat kondisinya di lapangan seperti apa.” Tambah Dr. M. Surip, M.Si.

“Diharapkan seluruh warga Unimed sudah vaksin. Program ini tercipta dan diperuntukkan kepada seluruh civitas akademika unimed, dan mudah-mudahan bisa meng-cover, bisa mewadahi Dosen, Tendik, dan mahasiswa untuk vaksin dan mendorong semua civitas yang belum vaksin agar dapat vaksin dimana saja. Mudah-mudahan dengan data civitas yang sudah vaksin menjadi mayoritas, nanti bisa mendukung perencanaan proses tatap muka pada semester genap. ” Tutup Dr. Surip, M.Si.

Related articles

Recent articles