29.5 C
New York

UKMI Ar-Rahman UNIMED Gelar Syiar Event Nasional 2021

Published:

Minggu, 09/01/2022 Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Rahman Universitas Negeri Medan mengelar Syiar Event Nasional dengan mengusung tema “Islamic Society 5.0 to The Golden Era”. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan di hadiri lebih dari 100 peserta mahasiswa  dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini terlaksana atas dasar inisiasi dan kolaborasi dari 3 Fakultas UKMI Ar-Rahman UNIMED, yaitu UKMI Ar-Rahman Fakultas FE, Fakultas  FMIPA, dan Fakultas FIP.

Kegiatan dibuka oleh Dimas Rifai sebagai Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan doa yang dibawakan oleh Khairul Rizaldi serta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UKMI Ar-Rahman. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang dibawakan oleh Muhammad Baghery Rafsanzani, serta kata sambutan oleh Ketua Umum UKMI Ar-Rahman UNIMED yang diwakili oleh Farhan Pratama Tanjung. 

Selesai dari rangkaian acara pembuka, acara mulai memasuki acara inti yaitu penyampaian materi. Penyampaian materi pertama dibawakan oleh Galih Mandala Putra yang merupakan seorang infuencer, konten creator, serta Co-Founder of Changemaker Indonesia, beliau  membawakan materi mengenai Leadership, Manajement Team, dan membangun cara Self Branding, khususnya bagaimana cara adaptasi para pemuda dengan situasi pandemic covid-19 namun tetap bisa mengembangkan diri mereka. Di akhir penyampaian materi beliau menyampaikan closing statemenya yaitu “apapun yang sedang kita kerjakan dan apapun yang kita lakukan untuk mengejar visi kita, kita harus memiliki niat yang baik, jika sudah begitu maka kita dapat lebih mencintai diri kita”.

Setelah pemateri pertama selesai maka dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang dibawakan oleh Rayanda Al Fathira yang merupakan ketua Umum SEMA UNIMED tahun 2020/2021. Pemateri menyampaikan materi tentang pandangan islam 5.0 menuju era emas. Dalam penyampaian materinya, pemateri menyapaikan bahwa teknologi yang semakin canggih ini, kita harus bijak dalam menggunakan teknologi, dan kita harus bisa memanfaatkan teknologi ini dalam menyampaikan dakwah kepada umat muslim. Dan diakhir penyampaian pemateri, beliau menyampaikan sedikir quotes yaitu “ilmu pengetahuan tanpa agama akan lumpuh, dan agama tanpa ilmu pengetahuan buta”.

Setelah sesi penyampaian pemateri, acara memasuki acara penghujung yaitu sesi pengumuman pemenang lomba pada 3 kategori yaitu lomba poster, podcast dan microblog. Dari hasil penilaian dewan juri maka didapatkan nama pemenang dari setiap kategori lomba yaitu pada kategori lomba poster juara satu diraih oleh Ahmad Fauzi Daulay dari Universitas Sumatera Utara, juara dua diraih oleh Junaidi dari Universitas Negeri Medan, dan juara tiga diraih oleh Tya Chintia Gusli dari Universitas Negeri Medan. Sedangkan pada kategori Podcast juara satu diaraih oleh Hofifah Indah Faranita dari IPB University, juara dua diraih oleh Reza Ananda Hatmi dari Universitas Negeri Medan, dan juara tiga diraih oleh Indah Pratiwi dari Universitas Negeri Medan. Dan pada kategori Microblog juara satu diraih oleh Aqila Az-Zahrah dari Universitas Negeri Medan, juara kedua di raih oleh Pingkan Rahmadani dari Politeknik Negeri Medan, dan juara ketiga diraih oleh Dhini Amaliah dari Universitas Bakrie.

Related articles

Recent articles