25.1 C
New York

Transformasi Era 4.0, Digital Library UNIMED AdakanSeminar Kepustakaan dengan Tema “Pustakawan Masa Depan dan Masa Depan Pustakawan”

Published:

Medan, Persma Kreatif — Digital Library (Digilib) Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan seminar kepustakaan di gedung Digital Library lantai 4. Kegiatan ini mengusung tema “Pustakawan Masa Depan dan Masa Depan Pustakawan”. Acara dibuka oleh  Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Medan sekaligusmenjadi keynote speaker. Beliau juga menjelaskan apa saja yang menjadi strategi perpustakaan UNIMED dalam menghadapi era 4.0 dan menjadikan inovasi sebagai solusi dari permasalahan di negeri ini. Jumat, (02/12) pukul 08.00 WIB.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kami, Digital Library telah terakreditasi A dan diakui oleh Perpustakaan Nasional hingga tahun 2024 nanti. Masa depan Perpustakaan UNIMED tergantung dari bagaimana kualitas layanan yang diberikan dan bagaimana kita bisa mengelola perpustakaan ini untuk pustakawan masa depan. Meskipun pada era ini teknologi menjadi peran penting, namun pustakawan juga tidak kalah pentingnya jika mau berubah dan berinovasi,” tegasnya. 

Dhama Gustiar Baskoro S.S M.Pd. selaku Ketua Perpustakaan Universitas Pelita Harapan Jakarta sekaligus narasumber pada seminar ini menjelaskan beberapa kiat-kiat bagaimana pustakawan menghadapi era robotik dan mampu bertahan di era ini agar tidak tergantikan oleh mesin-mesin atau robot.Selain itu, beliau juga menjelaskan mengapa seorang pustakawan masih sangat penting dan dibutuhkan kehadirannya, 

“Tantangan industri 4.0 menjadi hal penting yang harus kita hadapi. Misalnya, di era ini timbul pertanyaan apakah pustakawan akan punah, apa yang menjadi penghalangnya, pengaruh lingkungan sosial seperti apa yang dapat menjadi dampak buruk, dan apa yang bisa kita lakukan sebagai seorang pustawakan,” katanya saat menyampaikan materi presentasi. 

Seminar ini diikuti oleh Dinas Perpustakaan, Arsip dari Kabupaten dan Kota di seluruh Sumatera Utara, pustakawan di beberapa Perguruan Tinggi, mahasiswa ilmu perpustakaan dari Universitas Sumatera Utara dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara serta terbuka bagi seluruh mahasiswa UNIMED dan umum. 

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi acara puncak dari berbagai kegiatan perlombaan yang telah berlangsung sebelumnya dalam rangka 9th Anniversary Digital Library. Meskipun sempat vakum selama 2 tahun akibat Pandemi Covid-19, akhirnya tahun ini menjadi tahun kembalinya digilib yang disambut dengan antusiasme peserta perlombaan hingga sampai pada puncak acara. 

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan Digilib juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang paling sering melakukan peminjaman buku dan paling sering berkunjung. 

Tessa Simahate, S.Sos., M.I.Kom., selaku kepala perpustakaan Unimed berharap perpustakaan harus bisa berkembang dan bersinergi terhadap perubahan, dengan bertumbuh dan bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti apa yang diinginkan penggunanya.

Kru: Dewi dan Kenny

Related articles

Recent articles