16.8 C
New York

Tim PKM-PM UNIMED Gelar Pelatihan Pembuatan Gel Nenas untuk Mengatasi Jerawat Punggung Bersama Mitra Karang Taruna Tiga Binanga di Kabupaten Karo

Published:

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)-PM Universitas Negeri Medan menggelar pelatihan pembuatan produk gel nenas guna meningkatkan kreativitas Karang Taruna Tiga Binanga. Kegiatan dilakukan secara blended yaitu langsung dan virtual. Beberapa perwakilan yang tidak dapat mengikuti pelatihan secara langsung dapat mengikuti via aplikasi Zoom. Pelatihan secara luring dilakukan di Tiga Binanga, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo dengan memanfaatkan gedung Sekolah Dasar di Tiga Binanga (21/08/2021).

Adapun perwakilan tim PKM-PM yang hadir secara langsung memimpin kegiatan pelatihan ini ialah Amar Pilenon Sinaga (Matematika) dan Roberto Parujian Sitanggang (Matematika). Anggota tim lainnya yaitu Angie Maretha Rajagukguk (Matematika), Nancy Davici Tamba (Pendidikan Kimia) dan Nabila Zendhia Ulhaq (Gizi) mengikuti pelatihan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Tri Andri Hutapea, S. Si., M. Sc. selaku dosen pembimbing.

Secara keseluruhan Tim PKM-PM telah merencanakan satu kali kegiatan sosialisasi secara daring, dua kali pelatihan secara daring dan satu kali pendampingan secara luring. Pada pendampingan yang dilakukan secara luring ini tim penelitian mendampingi secara langsung pihak mitra dalam membuat produk gel nenas.

Sosialisasi yang sebelumnya diberikan sebagai pengantar kegiatan pelatihan saat ini. Mitra diajak untuk memahami dasar-dasar dilakukannya penelitian ini dan juga mengenai program yang akan dilaksanakan yaitu membuat produk berupa gel nenas untuk mengatasi jerawat punggung.

Kegiatan Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas karang taruna Tiga Binanga dalam memanfaatkan hasil perkebunan masyarakat Tiga Binanga dengan membuat gel berbahan dasar nenas untuk mengatasi jerawat punggung. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan sosialisasi bersama karang taruna Tiga Binanga selaku mitra dalam penelitian ini. Sosialisasi dilakukan secara virtual mengingat pada saat itu masih diberlakukan PPKM di Kabupaten Karo dan juga di Kota Medan sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan sosialisasi secara langsung.

Pelatihan dibuka dengan menjelaskan maksud dan tujuan yang sebelumnya sudah direncanakan oleh ketua tim penelitian bersama ketua karang taruna. Setelahnya, tim penelitian memperkenalkan bahan dan alat yang akan digunakan dalam pelatihan. Bahan dan alat yang digunakan sebelumnya telah dipersiapkan oleh tim penelitian sehingga saat di Tiga Binanga dapat digunakan secara langsung oleh pihak mitra.
Sebelum dilanjutkan dengan melakukan pembuatan produk, pihak penelitian terlebih dahulu menghimbau untuk menaati protokol kesehatan di lingkungan diadakannya pelatihan ini. Pihak peneliti menghimbau untuk terus mengenakan masker dan juga menjaga jarak saat kegiatan berlangsung. Hal ini dilakukan guna menghindarkan diri dari penularan Covid-19.

Pembuatan produk gel nenas tidak memakan waktu lama dikarenakan keseluruhan bahan dan alat telah dipersiapkan, dari mulai pengeringan bahan utama, penyiapan bahan kimia dan alat yang digunakan untuk pembuatan produk. Pihak mitra tidak menunjukkan adanya kendala saat mencoba pembuatan produk dengan didampingi oleh tim penelitian. Kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik dan diterima dengan baik oleh pihak mitra.

Pelatihan berlangsung singkat dan lancar, Tim PKM-PM berharap kegiatan ini nantinya dapat diteruskan oleh pihak mitra guna meningkatkan kreativitas anggota karang taruna dalam memanfaatkan hasil perkebunan di Tiga Binanga. Selain itu, kegiatan ini diharap dapat membantu mengatasi masalah kulit yang terjadi pada masyarakat yaitu jerawat punggung dengan memanfaatkan nenas sebagai bahan utama.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles