12.7 C
New York

Talkshow dan Peluncuran Calender of Event RKI 2023 Bangkitkan Kebudayaan Daerah Sumatera Utara

Published:

Medan, Persma Kreatif — Rumah Karya Indonesia (RKI) adakan talkshow sekaligus peluncuran Calender of Event RKI 2023 yang dibalut dengan acara bertajuk Tradisioner. Adapun judul Talkshow yang diadakan adalah “Regenerasi ; Sejauh apa Kesempatan Ekosistem terhadap Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Sumatera Utara. Hal ini disampaikan oleh Marojahan Andrian Manalu atau yang dikenal dengan Ojax Manalu, Direktur Rumah Karya Indonesia, Jumat (10/).

Ojax menjelaskan ada tujuh event yang diluncurkan pada hari tersebut. Event-event itu antara lain, 1000 Tenda Kaldera Toba Festival dilaksanakan pada 23-35 Juni 2023, Geobike Kaldera Toba dilaksanakan pada 18-20 Agustus 2023, Lake Toba Traditional Music Festival dilaksanakan pada 28-30 Juli 2023, Lake Toba Film Festival dilaksanakan pada 18-19 Agustus 2023, Tao Silalahi Arts Festival yang dilaksanakan pada 29 September -01 Oktober 2023, Jong Batakā€™s Arts Festival dilaksanakan pada 27-29 Oktober 2023, dan Horja Geopark Kaldera Toba dilaksanakan pada 17-19 November 2023 serta Divisi Rumah Karya Indonesia.

Acara Launching kalender event kali ini mengundang H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara, Meryl Saragih, S.H., M.H selaku Anggota DPRD Sumatera Utara, dan Nukeu Novia Andriani, S.S.S., M.M.Par. Selain itu, ada juga catatan-catatan anak muda yang dituangkan dalam bentuk ide juga gagasan melalui festival ataupun kegiatan berbasis masyarakat. Hal tersebut disampaikan melalui lisan yang ada di Sumatera Utara terkhususnya di daerah Danau Toba.
Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah S.Sos, M. Hum meresmikan secara langsung Lauching Calender of Event RKI 2023. Beliau mengucapkan, “kami berterima kasih atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Rumah Karya Indonesia yang sudah berbuat, untuk membangkitkan dan memperkenalkan kebudayaan daerah untuk menggerakan ekonomi daerah. Melalui festival budaya, melalui kegiatan-kegiatan dan ikut membantu mempromosikan kegiatan pariwisata-pariwisata potensi daerah yang ada di Sumatera Utara”

Kegiatan ini juga mengadakan acara nonton Film Lokal Sumatera Utara. Adapun film yang akan ditayangkan adalah Penusur Sira dan Sipaha Lima. Film tersebut diproduksi oleh RKI Docs yang merupakan salah satu Divisi Rumah Karya Indonesia. Penampilan Denra Tambunan turut meramaikan acara ini dengan membawakan musik kolaborasi EDM-Tradisi dan Nabilla dengan menampilkan tari kontemporer.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles