27.5 C
New York

SEMPAT TERTUNDA: PERLOMBAAN MTQ DAN MKQ TINGKAT FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIMED TAHUN 2020

Published:

Kegiatan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) dan MKQ (Musabaqoh Khattil Quran) resmi dibuka oleh Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum., (Dekan Fakultas Bahasa dan Seni ) pada Kamis, 13 Agustus 2020. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini digelar secara daring di Lantai III Ruang Sidang FBS Universitas Negeri Medan, via aplikasi Zoom. Selain itu, turut berhadir pula civitas akademika Unimed, dewan juri, dan peserta lomba, diantaranya: Dr. Wahyu Triadmodjo, M.Hum., (Wakil Dekan I FBS), Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed., (Wakil Dekan II FBS), Nyi Mas Sukawati Abdurahman Adisaputera (Juri MTQ), Dr. Ramli Noor, MA., (Juri MTQ), Wahyuni Sa’dah, S.Pd., M.Si., (Juri MTQ), Drs. Mesra, M.Sn., (Juri MKQ ) Dr. Agus Priyatno, M.Sn., (Juri MKQ), dan Adek Cerah Kurnia, M.Pd (Juri MKQ). Peserta yang terdata pada pelombaan MKQ dan MTQ sebanyak 52 orang, artinya munurun puluhan persen dari tahun sebelumnya.

Perlombaan MTQ dan MKQ tingkat Fakultas Bahasa dan Seni dikemas secara berbeda dari tahun sebelumnya, sebab adanya Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa/i perwakilan FBS untuk bersaing tingkat Universitas Negeri Medan, hingga Nasional, terdapat empat cabang lomba pada kegiatan rutin yang digelar tiap tahunnya ini, yaitu: 1) Tilawah, 2) Tartil, 3) Kaligrafi, dan 4) Hifzil.

Dikutip dari unimed.ac.id, dalam sambutannya, Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. mengatakan kegiatan ini bukan hanya untuk mencari pemenang, tapi setidaknya ada tujuan yang dimaksud, karena jika kita dekat sama Allah SWT maka pastilah karakter yang bagus akan terbentuk dalam diri kita. Saya berharap kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini menjadi ladang amal dan pahala bagi kita terkhusus yang akan mengikuti kompetisi ini. Di masa pandemi Covid-19 ini perlombaan sedikit berbeda, karena harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Oleh karena itu, sebagian dari peserta mengikuti kegiatan ini secara daring dari rumah. Namun tidak mengurangi esensi dari perlombaan itu sendiri. Dengan MTQ dan MKQ ini, saya berharap agar dapat mengembangkan ilmu-ilmu keagamaan dan juga bakat dari mahasiswa. Semoga nantinya dapat membentuk karakter yang islami dan juga menjadi cendikia dan akdemisi yang unggul.
Adapun yang pemenang yang menjadi perwakilan MTQ FBS Unimed ke tingkat Universitas, yaitu:
1) Zainul Anwar (Tilawah, Tartil, dan Hifzil)
2) Anggraini (Tilawah)
3) Ayang Sari (Tartil)

Related articles

Recent articles