31 C
New York

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Ikatan Mahasiswa Muslim PPKn Gelar Buka Puasa Bersama

Published:

Medan, Persma Kreatif – Bulan suci Ramadhan selalu menjadi momen yang identik kaitannya dengan mempererat rasa persaudaraan. Begitu pula dengan bulan Ramadhan tahun ini, Ikatan Mahasiswa Muslim PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan juga turut memanfaatkan momen bulan suci tersebut sebagai waktu untuk bersilahturahmi antar sesama mahasiswa/i Universitas Negeri Medan, khususnya jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial (22/04/2022).

Kegiatan buka bersama ini mengusung tema “IRAMA : Indahnya Ramadhan Meraih Taqwa” dengan harapan semakin menguatkan tali silahturahmi antar mahasiswa/i jurusan PPKn di lingkungan Universitas Negeri Medan. 

Kegiatan yang berlangsung di ruang 36.12 jurusan PPKn gedung FIS UNIMED ini dihadiri oleh 10 orang dosen, termasuk ketua jurusan: Arief Wahyudi, SH., MH., sekretaris jurusan: Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd., dan kepala labolatorium jurusan PPKn: M. Fahmi Siregar, SH., MH serta dihadiri oleh 70 orang perwakilan mahasiswa/i beserta alumni PPKn dari Stambuk 2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021. Selain itu, juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari organisasi internal dan eksternal lingkungan FIS-UNIMED, diantaranya SEMA FIS-UNIMED, BPMF FIS-UNIMED, KAMMI Khatulistiwa, HMI FIS-UNIMED, FSMS Sejarah, bahkan Himakris (Himpunan Mahasiswa Kristen) jurusan PPKn. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia, Agung Eko Wibowo. Dalam sambutannya Agung Eko Wibowo mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia, Bapak/Ibu dosen, serta para tamu undangan baik di lingkup jurusan PPKn maupun Fakultas Ilmu Sosial UNIMED atas dukungan sekaligus kehadirannya dalam kegiatan ini. “Dengan dilaksanakannya kegiatan buka puasa bersama ini, mudah-mudahan menambah ukhuwah islamiyah kita baik sesama civitas akademi di jurusan, kemudian sekaligus melepas kerinduan yang kemarin harus dihalangi akibat kondisi pandemi yang melanda kita”. 

Kegiatan dilanjut dengan ceramah keagamaan oleh Ahmad Baihaqi Tanjung selaku ustadz yang turut hadir untuk memberikan pesan-pesan baik di bulan penuh suci ini. Dalam ceramah-nya, beliau sampaikan perlu dipahami terlebih dahulu apa itu arti taqwa. “Taqwa artinya takut. Menurut Imam Ghozali, taqwa merupakan perintah untuk takut kepada Allah serta taat kepada-Nya melalui menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT”. 

Memasuki puncak kegiatan, panitia beserta tamu undangan yang hadir melakukan buka puasa bersama, dilanjut dengan sholat Maghrib berjamaah. 

Dengan adanya kegiatan ini, panitia dan seluruh tamu yang hadir berharap bulan Ramadhan yang penuh barokah ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan sehingga tantangan dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT dimasa yang akan datang dapat kita lalui dengan baik. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat terjalin ikatan silahturahmi yang lebih baik lagi terkhusus antara dosen, pegawai dan mahasiswa/i jurusan PPKn FIS-UNIMED maupun silahturahmi antar organisasi lingkup FIS-UNIMED. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi guna meningkatkan kualitas ibadah pada bulan suci ini kepada Allah SWT. 

Panitia juga sangat berterimakasih atas respon positif dari kalangan dosen dan civitas akademika juga mahasiswa yang meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan buka bersama ini. 

Kru: Rahel Sitinjak

Related articles

Recent articles