19.9 C
New York

Sambut Pembelajaran Baru, Ini Harapan Mahasiswa Angkatan 2021 terhadap Pembelajaran Daring

Published:

Universitas Negeri Medan telah bersiap menyambut semester gasal Tahun Ajaran 2021. Berdasarkan kalender akademik dan imbauan birokrasi, mahasiswa Universitas Negeri Medan sudah dapat berkuliah daring dari tanggal 16 Agustus 2021. Seperti biasanya, pada pertemuan pertama mahasiswa dan dosen membangun kesepakatan terkait kontrak kuliah dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Sebelumnya, Universitas Negeri Medan telah mengukuhkan mahasiswa baru angkatan 2021 pada 12 Agustus 2021. Kini, mahasiswa baru tersebut telah resmi menjadi mahasiswa kampus hijau dan memulai pembelajaran semester satu.

Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini merambah di berbagai sektor masih menghambat akses termasuk dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa sampai saat ini berbagai perguruan tinggi masih menerapkan pembelajaran daring termasuk Universitas Negeri Medan. Mahasiswa baru angkatan 2021 untuk pertama kalinya merasakan atmosfer pembelajaran daring di bangku perkuliahan. Tentu, hal tersebut membuat mereka membangun harapan-harapan segar sebagai seorang mahasiswa.

Jelly Rohani Manik, mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni angkatan 2021 mengungkapkan keinginannya menjadi seorang mahasiswa “saya ingin lebih aktif dan mendapatkan ilmu yang saya butuhkan dengan IPK yang bagus. Target saya mendapatkan nilai A pastinya. Bagi saya, jika kita benar-benar memahami ilmu yang sudah kita terima pasti kita akan dapat lebih aktif dalam mengikuti kelas. Dan akan mendapat hasil yang memuaskan baik pada ujian maupun pembelajaran.”

Lebih lanjut, Jelly berharap dapat memperoleh hal yang maksimal di tengah pembelajaran daring, “sebagai mahasiswa baru saya berharap supaya pembelajaran daring di tengah pandemi saat ini tidak akan menghambat dan mengurangi semangat saya untuk mencapai tujuan memperoleh ilmu pengetahuan dengan nilai yang baik, serta dapat semakin aktif dan mengasah potensi yang ada dalam diri saya secara mandiri. Saya berharap dosen dapat mengajar dan memberikan ilmu yang bermanfaat dengan baik. Saya ingin dapat menjalin hubungan baik dengan para dosen untuk saling berkomunikasi membahas pembelajaran yang sudah ataupun yang akan dipelajari selanjutnya.”

Sementara, mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2021, Sugita Lingga, mengaku cukup kaget dengan kurikulum KKNI yang diterapkan Unimed, “Unimed terkenal sama sistem belajar KKNI. Mungkin karena saya masih Maba sehingga jika mendengar kurikulum ini rasanya sedikit ngeri gitu. Apalagi baru saja masuk langsung dapat tugas dan membentuk kesepakatan pengumpulan tugas KKNI. Tapi mau bagaimanapun itu, ini sudah jalan yang kami pilih dan kami harus menerima semua itu hari ini dan kemudian hari.”

“Harapan saya selama daring ini semoga kami bisa menyesuaikan dengan baik dan cepat dengan sistem belajar Unimed.
Diberi Tuhan kesehatan buat jalani dunia baru dan dikuatkan buat belajar sama teman-teman juga dosen.” Harap Sugita.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles