12.9 C
New York

Rayakan Ulang Tahun, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Gelar Bakti Sosial dan Malam Penganugerahan

Published:

PFI (Pewarta Foto Indonesia) merupakan salah satu organisasi fotografi di Indonesia. Organisasi ini awalnya terbentuk dari komunitas pewarta yang belum mendapat perlindungan.

Tepat pada hari Jumat (13/3/20), PFI mengadakan kegiatan Anugerah Pewarta serta acara bakti sosial di Merdeka Walk Medan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun PFI yang jatuh setiap tanggal 24 Februari, dan tahun ini tepat ke-16 tahun

Acara dibuka pukul 13.00 WIB sesudah salat Jumat, dimulai dengan kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan bekerja sama antara RS. Adam Malik dan Yayasan Onkologi Anak Medan. “Jurnalis juga harus memupuk rasa kepekaan sosial,” ujar Prayugo Utomo selaku ketua panitia acara Anugerah PFI Medan.

Kegiatan donor darah dilaksanakan hingga pukul 17.00 WIB, dan berhasil mengumpulkan sebanyak 40 kantong darah. Diharapkan kantong darah yang terkumpul dapat berguna nantinya bagi manusia lain yang membutuhkan.

Selain bakti sosial, acara puncak dari Anugerah PFI Medan malam ini adalah pengumuman lomba fotografi yang sebelumnya diadakan minggu lalu, pemberian anugerah pewarta untuk para fotografer yang karyanya mendunia, serta pelelangan hasil karya fotografer PFI.

Acara ini dihadiri oleh Plt Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, Kadis Pariwisata Kota Medan Drs. Agus Suriyono, serta para tamu undangan lainnya.

PFI tidak hanya mengadakan acara ketika dalam rangka berulang tahun saja, PFI juga sering mengadakan pelatihan atau workshop fotografi untuk umum bagi yang ingin belajar.

PFI juga pernah melakukan lelang untuk mengumpulkan donasi bagi bencana Lombok beberapa tahun lalu, dan hasil dari lelang foto itu terkumpul donasi sebanyak 400 juta.

Prayugo Utomo juga menyampaikan, “Acara ini tujuan utamanya adalah untuk menjaga silaturahmi antara fotografer, termasuk salah satunya para fotografer senior dan junior, karena banyak juga fotografer senior yang hadiri hari ini,”

Related articles

Recent articles