17.3 C
New York

Profil Persma Kreatif

Published:

Pers Mahasiswa Kreatif merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Sebagai salah satu wadah yang di sediakan oleh Universitas khusus bagi mahasiswa-mahasiswa Unimed yang berminat dibidang jurnalistik. Kreatif memiliki sebuah output nyata yang dapat dilihat dan dirasakan langsung adanya. Dalam hal ini memiliki sebuah output yang disebut dengan majalah mahasiswa bernama Kreatif. Disinilah mahasiswa-mahasiswa Unimed yang berjiwa aktif, dinamis, berwawasan, intelektual dan tentu saja dengan tingkat kesadaran moral yang tinggi, berkumpul dan bersama-sama bekerja mewujudkan sebuah majalah mahasiswa Kreatif.

Persma Kreatif sendiri merupakan sebuah lembaga penerbitan kampus yang pada mulanya diprakarsai dan dikelola secara langsung oleh para dosen Unimed. Kreatif Unimed sebagai salah satu UKM yang ada di lingkungan Unimed pada mulanya didirikan berlandaskan peraturan baru yang mengharuskan setiap Universitas harus memiliki sebuah unit kegiatan kemahasiswaan yang bergerak dibidang jurnalistik. Lebih dari 19 tahun lalu Kreatif lahir yang di pelopori oleh Bapak Salam Sembiring, Mutsyuhito Solin, dan Kadar Chan.

Pada awalnya Persma Kreatif belum diserahkan operasionalnya kepada mahasiswa. Kreatif di kelola dan ditanggung jawabi langsung oleh ketiga tokoh tersebut. Edisi pertama lahir dalam bentuk tabloid hingga akhirnya edisi ke-41 dalam bentuk majalah. Pada saat Unit Kegiatan Penerbitan Kampus Mahasiswa (UKPKM) pengelolaannya di serahkan langsung sepenuhnya kepada mahasiswa. Tabloid Kreatif pernah berubah menjadi majalah kampus dwiwarna, yaitu biru dan hitam. Hal ini dilakukan karena format majalah praktis dan simple. Kemudian berubah lagi dengan alasan tabloid format yang paling tepat untuk Koran kampus Unimed.

Selama lebih dari 19 tahun tercatat sebagai UKM yang demokratis, telah mempunyai 13 orang Pemimpin Umum. Kreatif melaksanakan pemilihan pemimpin tertingginya melalui sebuah Musyawarah Kerja Kreatif (Mukertif).

Selain daripada sebuah UKM yang memiliki rutinitas penerbitan, kreatif juga aktif mengadakan event berbau jurnalistik yang di ketuai oleh Event Organizer (EO) yang di kordinir oleh bidang Keusahaan.

Kreatif juga telah mengalami perubahan perpindahan sekretariat. Sebelumnya Kreatif beralamat di Jl. Imtaq Gedung Stadion Unimed, awal Juli Kreatif kemudian pindah menempati sekretariat barunya di Mess 22 Jl. Olah Raga Unimed.

Muhammad Amin Rais
Muhammad Amin Raishttp://wikiavis.com
Tertarik didunia teknologi dan suka bahas misteri, Kuliah di Unimed Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer

Related articles

Recent articles