27.4 C
New York

Problematika Kampus Merdeka

Published:

Program oleh bapak Nadiem Makarim yang telah berjalan semenjak 2021 silam, memiliki banyak problematika dari administrasi hingga implementasinya.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan program baru yang dibuat oleh bapak menteri, yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar secara merdeka dengan mengikuti program- program yang disediakan, seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, dan banyak lagi.

Program ini memberikan mahasiswa hak yang “katanya” dapat dikonversi menjadi total 20 sks terhadap perkuliahan di kampus jika mengikuti program ini.

Banyak para mahasiswa yang mendukung program ini, dan mengakui jika program ini memberikan banyak hal positif terhadap mahasiswa. Agri salah satunya, mahasiswa USK yang mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka, mengatakan jika program ini memberikannya banyak pengalaman.

Akan tetapi, sebagus apapun suatu hal, pasti terdapat kontra dan problematika dari hal tersebut, termasuk program ini.

Sering kita jumpai keluhan mahasiswa di sosial media ataupun secara langsung mengenai program ini, baik dari proses administrasi yang sulit dan yang paling utama mengenai penyaluran dana yang terlambat.

Dana dijanjikan yang terlambat penyalurannya, menyebabkan kesulitannya para mahasiswa.

Zidan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa merdeka secara luring memiliki banyak keluhan ketika mengikuti program ini. Karena selama program berlangsung beliau menggunakan dana pribadi untuk menghidupi selama di kota orang.

Tidak hanya di dana, masalah konversi sks juga menjadi salah satu problematika.

Ada banyak mahasiswa yang terpaksa mengulang perkuliahan di tahun berikutnya karena tidak dapatnya dikonversi hak sks dari program ini, dengan alasan tidak adanya kesesuaian antara program dengan mata kuliah di perkuliahan kampus.

Mengenai kebijakan kampus tersebut, tidak jarang ditemukan mahasiswa yang mengikuti program ini, juga mengikuti perkuliahan secara full, karena ketidakinginan untuk mengulang perkuliahan.

Mungkin karena masih menjadi suatu program yang baru, masih ada banyak pembenahan yang akan dilakukan. Karena akan sangat disayangkan jika program sebagus ini akan dihilangkan.

Related articles

Recent articles