23.7 C
New York

PJTD Online Ketiga oleh Kak Kartika Reporter Tribun Medan

Published:

Kartika Sari, Reporter Tribun Kota Medan menjadi pemateri Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Persma Kreatif Medan tepat pukul 14.00 WIB pada hari Sabtu (13/3/2020). Seperti sebelumnya, PJTD ini dilaksanakan secara online dari platform zoom yang diikuti sekitar 50an peserta mencakup besar adalah calon kru baru 33. Dalam PJTD pertemuan ketiga ini materi yang disajikan Kak Kartika atau biasa dipanggil akrab Kak Tika ini, yaitu ‘Teknik Penulisan Berita’.

“Kita gak akan paham bagaimana teknik penulisan berita kalau belum tau apasih berita itu, apa saja unsur-usnsurnya, baru bagaimana teknik penulisannya” pesan awal pembukaan dari Kak Tika sebelum masuk ke materi yang ada pada powerpoint tentang Teknik Penulisan Berita.

Pada slide pertama powerpointnya menjelaskan definisi berita serta 4 karakteristik berita yaitu Hard News (Straight News), Soft News, Indepth News, dan Feature. Di slide selanjutnya, Kak Tika menjelaskan nilai-nilai berita hingga yang terpenting yaitu unsur-unsur dalam penulisan Berita (5W+1H). Kak Tika juga memberikan tips kepada CKB 33 dalam menemukan berita hingga cara penulisan berita.

Sebagai seorang reporter pada bagian Posko Bisnis Ekonomi di Tribun Medan, Kak Tika juga memperlihatkan tulisan-tulisan berita yang ditulis langsung serta diliput oleh kakak ini sendiri sebagai contoh maupun referensi kepada peserta PJTD. Mulai dari berita Soft News berjudul TRIBUN TRAVEL Menikmati Liburan Nuansa Jadul ala Eropa dan Nusantara di Hotel Deli River Omlandia ; Indepth News berjudul Permohonan Dispensasi Kawin di Pengadilan Agama Medan Meningkat 2 kali Lipat ; Feature berjudul Tinggal Berdua Sambil Urus Istri Lumpuh, Kakek 80 Tahun Ini Tetap Giat Keliling Jual Martabak ; dan Straight News berjudul Api Lalat Belasan Kios di Terminal Palopat PK Padangsidempuan. Dalam setiap berita yang diliput dan ditulis oleh kak Tika ini memiliki cerita-cerita unik yang dialami beliau sebagai reporter baik dalam hal duka dan suka. Sebelum memasuki sesi tanya jawab, Kak Tika menegaskan “Dalam berita, judul harus bisa dipertanggungjawabkan”.

Keantusiasan dan semangat para CKB 33 ini semakin terlihat saat sesi tanya jawab dibuka oleh moderator. Beberapa permohonan bertanya dan pertanyaan terlihat antri pada kolom komentar walaupun demikian semua pertanyaan dari para CKB 33 terjawab oleh kak Tika. PJTD yang berakhir pada pukul 16.28 WIB ditutup dengan tugas dari kak Tika kepada CKB 33 untuk membuat salah satu jenis berita straight news atau soft news. Dan pesan penutup dari Kak Tika, “Buat Kreatif itu menjadi lebih berkualitas dengan aktif menulis”. Kak Tika juga mengatakan untuk sering memaksimalkan karena Kreatif adalah wadah tepat dan banyak sekali kesempatan apapun dalam UKM Kreatif ini.

Selain sebagai Reporter dan sudah banyak pengalaman terlewati dalam dunia jurnalistik, Kak Tika sendiri pernah menjabat sebagai sekretaris umum UKM Persma Kreatif dan memiliki pengalaman organisasi di Sahabat Beasiswa Chapter Medan. Motto hidup dari Kak Tika yaitu Never Say Never.

Related articles

Recent articles