12.9 C
New York

Penutupan PIMNAS 33: Unimed Raih Perak dan Perunggu

Published:

Sabtu, 28 November 2020 Penutupan serta Pengumuman Juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-33 berhasil di gelar. Acara yang diadakan secara virtual ini berhasil sukses dengan baik. Dengan 625 tim dari 101 perguruan tinggi di seluruh Indonesia baik negeri ataupun swasta yang ikut serta.

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., IPU. ASEAN Eng. dalam kata sambutannya mengatakan “saya berharap agar kreatifitas dan inovasi yang telah dilakukan terus dikembangkan, terus diperkuat agar nantinya memberikan kemanfaatan bagi bangsa dan negaranya kelak adik-adik akan menjadi innovator yang akan membawa Indonesia melaju lebih cepat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.” Ucap Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., IPU. ASEAN Eng.

Selain dihadiri para peserta, dewan juri dan jajaran tuan rumah, Universitas Gadjah Mada, penutupan PIMNAS ini juga dihadiri oleh Gubernur DI Yogyakarta yang diwakilkan Bapak Drs. Tri Mulyono, M.M yang membacakan kata sambutan tertulis dari Gubernur DI Yogyakarta, Hamengkubuwana X. “PIMNAS diharapkan dapat melahirkan kreativitas, sesuatu yang baru dan berbeda serta bermanfaat bagi Indonesia… Ketila penelitian Anda nyata dan bermanfaat untuk masyarakat maka Anda sudah menjadi seorang pemenang.” Tutur Hamengkubuwana X, melalui Drs. Tri Mulyono, M.M.

PIMNAS Ke-33 ini ditutup dengan prosesi pencabutan gulungan, sebuah ritual Jawa untuk menutup rangkaian acara dan ditutup secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.. “Adanya pandemi Covid-19 tidak memadamkan geliat semangat dan kreativitas para peserta. Masa pandemi ini menjadi laboratorium inovasi serta penguatan mental dan karakter, sudah waktunya kita menghadirkan karya yang akan membantu Indonesia melakukan lompatan pada kemajuan yang kita inginkan. Asalkan kita banyak coba, banyak tanya, dan banyak karya dari hal yang sederhana pasti akan mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa.” Ucap Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Setelah melewati serangkaian proses seleksi proposal, monitoring serta evaluasi yang ketat dan panjang akhirnya di umumkan bahwa ada 31 perguruan tinggi di Indonesia yang dapat kategori terbaik. Tahun ini di PIMNAS Ke-33 Universitas Gajah Mada (UGM) yang menjadi tuan rumah pelaksanaan acara berhasil mendapatkan Juara Umum.

Selain juara umum yang di dapatkan oleh UGM, ada 30 perguruan tinggi lain yang mendapat predikat terbaik. Peringkat 2 diduduki oleh Universitas Brawijaya, Peringkat 3 oleh Institut Pertanian Bogor, Peringkat 4 oleh Institut Teknologi Sepuluh November dan Peringkat 5 di dapatkan oleh Universitas Hasanuddin.

Universitas Negeri Medan (UNIMED) sendiri yang ikut serta dalam PIMNAS Ke-33 berhasil menduduki peringkat 21 terbaik. Selain itu Universitas Negeri Medan juga mendapat penghargaan kategori poster, PKM-K 3, mendapat penghargaan setara perunggu, dengan judul ‘Liptint Alami dari Daun Jeruk Nipis dan Kulit Buah Naga: Solusi Bibir Indahmu’, diketuai oleh Dika Ramadhana. Penghargaan kategori presentasi, PKM-M 1, mendapat penghargaan setara perak, dengan judul ‘QR-TRAIN : Kereta Api Sintesis Protein Dilengkapi QR Code sebagai Media Pembelajaran di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan’, diketuai oleh Usman. Penghargaan kategori presentasi, PKM-T 3, mendapat penghargaan setara perak, dengan judul ‘Toolset Kem-Kem Era Society 5.0’ diketuai oleh Emelia Ginting.
Kru: Zelviona & Dwi Girsang

Related articles

Recent articles