27.4 C
New York

Pembukaan MUBES XXI UKM LPM TEROPONG

Published:

Kamis 10/02/2022 UKM LPM TEROPONG (Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) menggelar pembukaan Musyawarah Besar ke- 21 dengan mengangkat tema “Menciptakan generasi yang proaktif, berintegritas, memiliki kreativitas dan bertanggung jawab” Acara yang berlangsung di Aula FKIP Lantai II tepatnya di Jl. Kapten Muchtar Basri ini berlangsung secara luring dengan mengikuti protokol kesehatan.

Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Radiman SE. M.Si selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA). Sesuai dengan tema saat ini, terdapat empat kata yang jika kita praktikan tentu sangat luar biasa yakni proaktif, integritas, kreativitas dan bertanggung jawab. Sebagai anggota organisasi, kita tentunya dituntut untuk berinisiatif dalam menjalankan tugas. Integritas yang berarti memiliki prinsip (keutuhan). Kreativitas yakni menemukan suatu yang baru, dan terakhir bertanggung jawab yang memiliki makna tidak boleh lari dari keadaan. Apapun jabatannya, semuanya memiliki resiko masing-masing. “Dikritik namun tidak boleh layu, sebab itulah resiko jabatan,” ujarnya.

Kemudian Beliau juga berpesan “Mari kita ramaikan, sukseskan, dan masukkan ke dalam program kerja sehingga kita tidak menjadi penonton di tengah banyaknya program yang menjanjinkan kita untuk berkolaborasi dengan kampus maupun perusahaan lain”.

Adhlin Faridz, Ketua Panitia MUBES TR 2021/2022 menginformasikan bahwa MUBES ini nantinya akan dilaksanakan hari jumat hingga minggu yakni 11-13 Februari 2022 di Villa Tebu Manis, Berastagi dan diikuti oleh 68 anggota termasuk pengurus dan anggota magang.

MUBES yang merupakan kegiatan sakral UKM LPM TEROPONG di tahun ini memiliki perbedaan dengan MUBES di tahun-tahun yang sebelumnya. Muhammad Arifin, S.Pd., M.Pd selaku pembina UKM LPM TEROPONG UMSU, menyatakan bahwa ada inovasi pada MUBES kali ini dimana keempat kandidat pemimpin umum ini sudah diketahui terlebih dahulu sehingga kemungkinan bisa terjadi lobi-lobi secara baik di perjalanan. Beliau berharap bahwa mahasiswa yang aktif di organisasi kiranya dapat menempah dirinya seperti istilah dari Gatotkaca. “Ketika kita dibawah, kita harus patuh sama pimpinan kita. Ketika kita di tengah, kita harus tetap patuh dan mulai mampu untuk memimpin. Dan ketika di atas, kita harus mampu mengembangkan konsep bagaimana teropong ini lebih baik,” tuturnya.

Pemimpin Umum (Pimum) UKM-LPM Teropong UMSU periode 2021/2022, Kusnadila Anandari menyampaikan, bahwa MUBES ini bertujuan untuk mendengar pertanggung jawaban program kerja. Sekaligus momentum yang ditunggu yakni memilih kepengurusan yang akan melanjutkan regenerasi dari LPM TEROPONG UMSU serta memberikan ilmu pengetahuan baru untuk anggota magang yang baru bergabung. Siapapun yang nantinya terpilih, Adinda Nanda berharap pemimpin selanjutnya bisa menjadikan LPM TEROPONG UMSU ini menjadi lembaga persma yang menjalankan segala tugasnya dan aktivitasnya dengan kode etik jurnalistik, kritis, menebar banyak kebermanfaatan untuk UMSU dan Indonesia. Di tiga hari ke depan, adinda Nanda juga berharap agar seluruh anggota menjaga kesehatan, kewarasan dan tetap berpikir merdeka.

Sebagai Ketua Forum Alumuni Teropong (FORMAT), Nur Akmal S.Pd juga berharap LPM ini bisa memiliki perjuangan yang panjang kedepan untuk menghasilkan mahasiswa yang terang benderang seperti sekarang ini.

Kru: Eunike Manurung

Related articles

Recent articles