12.9 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi XIII Kesekretariatan

Published:

Medan, Persma Kreatif – Kamis (28/4) Persma Kreatif Unimed melangsungkan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) materi ke-13 mengenai Kesekretariatan kepada para Calon Kru Baru (CKB) angkatan ke-34. PJTD dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting.

PJTD dimulai pada pukul 14.00 WIB yang dibawakan oleh Winda Sriana. Kak Winda Sriana pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum di kreatif (2012-2013), dan sekarang ini merupakan seorang Pendidik. Pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan Kru 33, yakni saudari Lala Pratiwi. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest dan pembacaan CV dari pemateri.

Pemateri menyampaikan materi diawali dengan pengenalan secara umum mengenai perbedaan sekretariat, sekretaris dan kesekretariatan serta peranannya. Dalam hal ini pemateri menjelaskan bahwa menjadi seorang sekretaris harus mampu membagi waktu kerja dengan keluarga, menjadi ujung tombak dalam perusahaan / organisasi, menentukan arah dan tujuan perusahaan / organisasi, pandai menyimpan rahasia, siap full kontek dan ready to fight in every moument.

Seorang sekretaris tentunya tidak terlepas dengan yang namanya surat-menyurat. Dalam hal ini pemateri secara rinci menjelaskan mengenai bagian-bagian surat, style surat dan arsip sebagai hal penting yang menjadi tanggung jawab seorang sekretaris.

Pemateri juga menjelaskan bahwa seorang sekretaris harus memegang prinsip umum “Tutup Mulut Rapat-Rapat. Pasang Mata Awas-Awas, Buka Telinga Lebar-Lebar”.Setelah sesi penyampaian materi, dilakukan sesi tanya jawab oleh pemateri dengan CKB yang dipandu oleh moderator. Pemateri menjawab rasa penasaran CKB-34 mengenai kesekretariatan dengan antusias. Pemateri menjelaskan bahwa dalam kesekretariatan juga tidak terlepas dengan yang namanya kesalahan namun tentu selalu ada jalan mengatasinya.Kemudian, dilakukan sesi foto bersama.

Penutup dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat dasar (PJTD) ke-13 hari ini, Kak Winda Sriana berpesan kepada CKB-34,”jangan malu dan segan untuk bertanya dengan senioren mengenai kejurnalistikan dan loyalitaslah dalam berorganisasi karena pasti kita akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang luar biasa”.

Kru: Ayu Permata

Related articles

Recent articles