15.3 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi VII Artikel dan Opini

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) oleh Persma Kreatif Unimed. Kegiatan ini merupakan PJTD ke-7 dari 16 PJTD yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan. PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru ke-34 (CKB-34) Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga sanggup berkontribusi di Persma Kreatif.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-7 dibawakan oleh abangda Dani Sukma Agus Setiawan dengan materi ā€œArtikel dan Opini ā€. PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, yang diikuti sekitar 28 peserta CKB 34 (Calon Kru Baru) dan beberapa kru panitia. Sabtu (16/4/22) pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Abangda Dani Sukma Agus Setiawan merupakan senioren Staff Litbang di Presma Kreatif Unimed. Saat ini sedang menjabat menjadi Writterpreneur dan Dosen. Saat menyampaikan materi, beliau sangat antusias dan sangat semangat memberikan ilmu kepada para CKB 34. 

Pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan Kru 33, yakni saudari  Al Miza Ginting . Dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest dan pembacaan CV pemateri. Pemateri menyampaikan materi mengenai ā€œArtikel dan Opini ā€ mulai dari  definisi dan bagaimana cara kita menulis opini . Tak lupa, beliau memberikan contoh penerapan dari materi yang telah beliau sampaikan.

ā€œ Secara perspektif ketika menulis sebuah opini, kita boleh menyampaikan agrumentasi pribadi sedangkan artikel harus berdasarkan data dan fakta yang ada. Ketrampilan berbahasa juga harus di asah dengan benar karena ketika kita menulis opini atau artikel harus menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan kalau ada pengulangan kata dalam satu kalimat tolong dikurangi ā€. ujar abangda Dani.

Walaupun PJTD dilaksanakan melalui virtual, tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme dan keingintahuan para peserta. CKB-34 yang aktif dan ikut berpartisipasi. Beberapa CKB tersebut bertanya dan berdiskusi mengenai materi ā€œArtikel dan Opiniā€. 

Penutup dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat dasar (PJTD) pada siang hari ini, Abangda Dani Sukma Agus Setiawan menyampaikan semoga ada manfaat dari ilmu yang  diberikan dan semoga kalian bisa termotivasi menjadi insan pers yang lebih baik seperti motto kita, menara api pendidikan maka jadilah generasi-generasi pendidik yang dapat menghasilkan tulisan yang mencerahkan.

Kru : Suci Cyntia 

Related articles

Recent articles