13.1 C
New York

Pelatihan Junalistik Tingkat Dasar (PJTD): Materi VI Teknik Penyuntingan

Published:

Medan, Persma Kreatif – Persma Kreatif Unimed menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) keenam dengan materi ‘Teknik Penyuntingan.’ Materi tersebut dibawakan oleh Wahyu Wiji Astuti, M.A pada Minggu (10/4). PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru (CKB) ke-34 Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga mampu berkontribusi di Persma Kreatif.

PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting yang diikuti sekitar 33 CKB dan beberapa kru panitia. Kegiatan dibuka oleh Tantri Sihite, kru 33 selaku moderator. Diawali dengan penyampaian tata tertib selama PJTD berlangsung, kemudian dilanjutkan dengan  pengisian pre-test, dan pembacaan CV pemateri. Wahyu Wiji Astuti, M.A merupakan salah satu  kru Persma Kreatif angkatan 21, yang saat ini berprofesi sebagai seorang Dosen Sastra Indonesia di Universitas Negeri Medan.

    Pemateri menyampaikan materi umum hingga khusus, meliputi definisi dari penyuntingan, tujuan penyuntingan, kegiatan pokok menyunting, syarat menyunting, hal yang disunting, tingkatan penyuntingan, hingga praktek langsung menyunting teks. PJTD berlangsung interaktif, karena dalam pemaparan materi, Wahyu Wiji Astuti mengajak para CKB turut aktif memberikan pendapatnya terkait contoh teks/kalimat yang harus disunting.

    Walaupun PJTD dilaksanakan melalui virtual, tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme dan keingintahuan para peserta. Sebelum PJTD berakhir, beberapa CKB bertanya dan berdiskusi mengenai materi tersebut. Terakhir, para CKB diminta untuk mengisi postest sebagai evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta terkait materi yang sudah dibahas.

“Seorang editor harus mampu menulis. Seorang editor lahir dari tulisan-tulisannya.” Tutup Wahyu Wiji Astuti.

Kru: Citra Lestari

Related articles

Recent articles