25.1 C
New York

Pelaksanaan Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Dapur Rumah Tangga Menjadi Larutan EcoEnzyme oleh Kelompok KKN di Desa Lubuk Rotan, Serdang Bedagai

Published:

Serdang Bedagai, Persma Kreatif – Kelompok KKN UNIMED 2022 di Desa Lubuk Rotan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Berdagai sebanyak 20 orang berhasil melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Sampah Dapur Rumah Tangga menjadi Larutan Eco Enzyme. Sosialisasi ini merupakan bagian dari program kerja kelompok yang dirancang oleh kelompok KKN yang ditargetkan untuk ibu-ibu PKK yang ada di desa Lubuk Rotan, pada Sabtu, 13 Agustus 2022. 

Eco Enzyme adalah larutan yang berasal dari fermentasi sampah buah dan sayuran. Secara kimia, eco enzyme merupakan senyawa organik kompleks yang terdiri atas rantai protein dan garam mineral yang bermanfaat untuk mengurangi volume sampah anorganik, mendapatkan pupuk alami dan residu pembuatan larutan eco enzyme, menambah pasokan ozon untuk atmosfer, memperoleh keuntungan dari penjualan produk, larutan ecoenzym ini sangat berguna pada berbagai bidang sektor seperti bidang pertenakan, pertanian, sistem drainase, dan eco life.

Selain untuk mengurangi sampah rumah tangga kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan ibu-ibu bahwa sampah rumah tangga dapat dijadikan sebagai desinfektan alami yang dapat untuk digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengganti cairan pembersih lantai, deterjen, dan lain lain.  Dengan demikian hal ini akan berdampak pada berkurangnya biaya yang dikeluarkan oleh ibu rumah tangga karena larutan eco enzyme multifungsi ini. 

Acara ini dipandu oleh salah satu mahasiswi anggota KKN. Kemudian untuk penyampaian materi dilakukan oleh salah satu mahasiswi prodi Biologi dan tiga orang dari prodi lain yang membantu menjelaskan. Dalam penyampaian tidak hanya materi saja yang diberitahu tetapi praktek pembuatannya juga langsung dilakukan didepan peserta sosialisasi sehingga peserta dapat melihat langsung Langkah kerjanya. 

Setelah penyampaian materi dan praktek, dilangsungkan juga sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Pada sesi ini peserta sangat antusias dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaanya dengan kondusif dan tertib. 

“Dari kegiatan ini secara tidak langsung kami mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan memanfaatkan kembali sampah. Kami juga menambah pengetahuan mereka dengan sosialisasi ini serta dengan larutan ini pengeluaran biaya rumah tangga mereka juga bisa berkurang” ujar salah satu anggota KKN. 

Dengan terlaksananya sosialisasi ini diharapkan masyarakat Lubuk Rotan bisa memahami dan menerapkan ilmu yang mereka dapat agar bermanfaat bagi mereka.

Kru: Luhcinta

Related articles

Recent articles