12.9 C
New York

Materi ke-12 PJTD : Pertanyaan Out of the Box dalam Teknik Reportase

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-dua belas kembali digelar dengan membawa materi mengenai teknik reportase, Sabtu (23/04). Pelatihan tersebut dihadiri oleh 14 Calon Kru Baru (CKB) angkatan 34 serta kru tetap Pers Mahasiswa Kreatif dan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting.
Elsa Fany selaku pemateri merupakan kru Pers Mahasiswa Kreatif di tahun 2014 dan saat ini telah bekerja sebagai reporter DAAI TV mulai dari tahun 2018. Tak hanya itu, dia juga pernah bekerja sebagai illustrator di tahun 2017.
Pada pelatihan mengenai teknik reportase tersebut, calon kru baru terlebih dahulu diberi tugas untuk wawancara memberikan dua pertanyaan yang out of the box. Elsa menyebutkan bahwa teknik reportase itu tidak terlepas dari teknik wawancara observasi dan riset data.
“Itu kemarin, aku menyuruh kalian mengerjakan tugas dulu, supaya praktik dulu, nih. Jadi ada feel, ada rasa ketika kalian mewancarai pertanyaan seperti itu, apa pengalaman yang didapat,” ungkapnya.
Elsa juga menyampaikan dengan adanya praktik wawancara terlebih dahulu dalam teknik reportase adalah untuk mempelajari prosesnya. Sebab, dalam teknik tersebut bukan hanya sekadar mengetahui langkah-langkahnya, tetapi dapat mempraktikkan aksi nyata. Selain itu, dapat ditemukan pula hal yang sangat berbeda jika praktik langsung ke lapangan.
“Pertanyaan pertama dan kedua itu sama sekali tidak ada hubungannya, seperti itu jugalah ketika yang terjadi di lapangan. Kita bisa saja menemukan hal-hal yang sangat berbeda,” ucap Elsa.
Di akhir pelatihan, Elsa mengucapkan apresiasinya dengan menyebutkan nama-nama calon kru baru yang telah mengerjakan tugas. Dia menyebutkan akan membaca satu per satu hasil tugas tersebut dan menanggapinya dengan memberi komentar.
Kru : Cinta Maulida Azbi

Related articles

Recent articles