asd
32.3 C
New York

LPM Dinamika UIN SU Adakan PJTD ke-XIII: Jurnalis Bebas, Kreativitas Tanpa Batas

Published:

Medan, Persma Kreatif LPM Dinamika mengadakan PJTD ke-XIII dengan mengusung tema ‘Jurnalis Bebas, Kreativitas Tanpa Batas’. Acara ini diadakan pada Minggu 17/9/2023 pukul 08.30 WIB s/d selesai  berlokasi di Gedung FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) sudah 13 kali diadakan dan merupakan acara rutin yang dilakukan olehLPM Dinamika dalam jenjang waktu setahun sekali. Acara initerus berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan ini yang meningkatkan kualitas dari LPM Dinamika sendiri. Total peserta PJTD tahun ini adalah 81 orang dan jumlah panitiasebanyak 35 orang dari berbagai bidang.

Acara ini tidak hanya terbuka untuk mahasiswa UIN SU, tetapi juga terbuka untuk umum. Tujuannya agar masyarakatdiluar kampus terutama pelajar bisa mendapatkan ilmujurnalistik yang luas, tidak hanya dari internet akam tetapisecara langsung dan jumpa dengan narasumber dibidangtertentu.

Faturrahman, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara PJTD ini sebagai wadah edukasi untuk memberikan informasi kejurnalisan tingkat dasar dan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kebebasan dalam menyampaikan informasi serta menghasilkan karya yang kreatif.

Acara ini dihadiri oleh dua narasumber yaitu Arifin Al Alamudi sebagai pemateri teknik reportase dasar. Beliaumerupakan reporter IDN Times Sumut. Dilanjutkan dengan Irsan Mulyadi, M. I.Kom sebagai pemateri foto jurnalistik.Beliau merupakan CEO Ciskom dan sangat profesional dalamfoto jurnalistik. 

Acara diawali dengan pembukaan oleh pewara, Nona Amanda Fitria. Selanjutnya, pembacaan Ayat Suci Al-Quran. Laporan ketua panitia oleh Faturrahman. Kata Sambutan oleh Pemimpin Umum, alumni, dan pembina LPM Dinamika.Pembacaan doa. Pemaparan materi Teknik Reportase Dasar serta simulasi dan evaluasinya. Pemaparan materi fotografi jurnalistik serta simulasi dan evaluasinya. Pengumuman peserta terbaik. Terakhir ditutup dengan penutupan oleh pewara dan foto bersama.

Panitia sangat senang dengan antusias para peserta yang mendaftar PJTD. Peserta yang hadir melebihi target dari kuotayang ditentukan. Banyak solusi yang dilakukan agar mencapai target memenuhi forum PJTD ini. Misalnya ada membuatvideo promosi pada calon peserta, juga memberi suratpermohonan ke sekolah.

“Seorang jurnalis harus berfikir bebas untuk berkreativitas, karena sekarang sudah eranya digital dengan kemajuaninformasi yang cepat sehingga butuh transformasi untuk berfikir lebih bebas lagi” , ucap Tondini Alief Harahap selakuPemimpin Umum LPM Dinamika.

Kru: Nindya, Hafizna, Yoga

Related articles

Recent articles