13.1 C
New York

Kemdikbudristek Melakukan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023.

Published:

Medan — Persma Kreatif, Direktorat Belmawa Kemendikbudristek telah melakukan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023 melalui zoom dan live steaming pada channel youtobe Dikretorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Sosialisasi ini dilakukan tiga sesi yakni sesi 1 untuk LLdikti wilayah XIV, XV, XII, XVI pukul 09.00-12.00 WIB, dilanjut sesi 2 untuk LLdikti Wilayah V, VI, VII,VIII, IX pukul 13.30-16.40 WIB yang dilaksanakan hari Kamis (09/02/2023). Sesi 3 LLdikti wilayah I, II, III, IV, X, XI, XIII pukul 09.00-12.10 WIB yang dilaksanakan hari Jumat (10/02/2023).

ā€œProgram Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Riset dan Teknologi. Pada tahun 2023 PKM berada di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiwaan. Program ini sebagai upaya untuk menumbuhkan serta wadah untuk mewujudkan ide-ide kreatif serta inovatif dan berharap memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi dari mahasiswa dan juga prestasi perguruan tinggi khususnya dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi di bidang kemahasiswaan.ā€ ujar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi.

Sejak diluncurkan, PKM memiliki respon yang positif bagi kalangan mahasiswa ataupun pimpinan perguruan tinggi dengan berpartisipasi aktif serta bertambah banyaknya jumlah perguruan proposal yang diunggah oleh mahasiswa. Mahasiswa lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki management skill dan communication skill didukung dengan kompetensi atau keterampilan menemukan solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapinya sehingga menjadikannya kreatif dan konstruktif.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiwaan memberikan kesempatan kepada PT dan mahasiswa untuk mengikuti PKM yang dikembangkan untuk menghantarkan mahasiswa menjadi pemimpin yang cendekiawan, mandiri, dan arif dengan taraf kreativitas dan inovasi berlandaskan sains teknologi serta keimanan yang tinggi.

Evaluasi proposal PKM ini berdasarkan tujuan dan gagasan yang dapat menumbuhkembangkan fire order thinking skills, creative thinking, dan critical thinking melalui implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Selain itu, program ini akan memberikan bantuan dana juga akan mendapatkan ilmu dari pagar-pagar PKM. PKM ditujukan untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia di bidang kemahasiswaan dosen pendamping dan operator perguruan tinggi serta mahasiswa.

Pada sosialisasi PKM, turut serta launchingnya Pedoman PKM 2023 yang dapat diakses di simbelmawa untuk memudahkan mahasiswa dan dosen pendamping menyesuaikan sistematika PKM. Ada 10 pedoman PKM sesuai dengan skim, antara lain: skim PKM adalah PKM Riset Eksakta (PKM-RE, PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirusahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Noni Gofar menjelaskan adanya peningkatan perguruan tinggi asal di 2021 proposal yang masuk itu 67.000-an PT asalnya. Sementara di 2022 proposal yang masuk itu 37 ribuan PT asalnya meningkat menjadi 1441.
“Program ini sangat menarik artinya semakin banyak perguruan tinggi yang mengikuti program PKM. Selain itu, ada juga dana pendamping dari perguruan tinggi maka perguruan tinggi harus membuat surat komitmen dana tambahan yang diupload ke Simbelmawa. Batas paling telat tanggal 2 Maret 2023 pukul 23.59 waktu indonesia barat bapak ibu ya Jadi kalau di Timur masih boleh tanggal 3 Maret kemudian Mahasiswa juga mengunggah proposal dan melengkapi biodata paling telat tanggal 4 Maret 2023 pukul 23.59 WIB tanggal 4 Maretā€ lanjutnya.

Kru: Elvrida

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles