23.7 C
New York

HMJ PPKn FIS UNIMED: Sosialisasi PMM “Bertukar Sementara Bermakna Selamanya”

Published:

Medan, Persma kreatif–Himpunan Mahasiswa Jurusan PPKn 2022/2023 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan sosialisasi PMM 3 yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada pukul 09.00-12.00 WIB, Sabtu (15/04/2023).
Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang ingin mengikuti kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 3 yang disediakan oleh Kemendikbud dalam program Kampus Merdeka. Para peserta yang hadir tidak hanya dari mahasiswa Unimed saja, tetapi juga dihadiri dari beberapa kampus di luar Sumatera Utara, seperti Universitas Sebelas Maret.
Penyampaian materi dipaparkan oleh Rajib K. Arruzi dan Ryan Ariyanto selaku Manajer PMM 3 yang menyampaikan syarat-syarat dan berkas-berkas mengikuti PMM 3, tips and trik lulus PMM 3, dan benefit apa yang didapatkan jika mengikuti PMM 3. Dan kemudian sharing pengalaman PMM 2 yang disampaikan oleh Nur Khalil Wahab, mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

“Teman-teman yang ingin mendaftar untuk segera daftar kemudian apply persyaratan sesuai dengan apa yang diminta. Usahakan ini adalah data-data yang memang valid dan data-data dari teman-teman sendiri, kemudian dokumen yang ada silakan disiapkan se-optimal mungkin kalau teman-teman bekerja kelompok jangan sampai punya temennya yang di-upload dan kita minta teman-teman untuk memantau terus portal PMM, karena info-info akan kita sampaika di sana”, Ucap Rajib.
Ryan menambahkan mengenai tahapan pelaksanaan PMM 3, “Survei kebhinekaan yang akan diikuti teman-teman di bulan Mei wajib sebagai bagian daripada proses pendaftaran dan seleksi. Pada bulan Juni ini akan ada pengumuman kemudian nanti akan ada administrasi mahasiswa. Setelah itu baru kemudian persiapan dan pembekalan mahasiswa, di sinilah teman-teman mulai berangkat ke PT yang dituju. Pelaksanaannya dari Agustus sampai Maret 2024 namun pelaksanaan ini akan berbeda-beda tergantung PT yang dituju”. 

Session dilanjutkan dengan penyampaian pengalaman yang disampaikan oleh Nur Khalil, dan manfaat apa saja yang didapatkan sebagai mahasiswa jika mengikuti PMM ini, seperti pengalaman baru nilai-nilai kebinekaan, mendapatkan pertemanan lintas budaya dan adat istiadat, mengembangkan soft skill, mendapatkan e-sertifikat nasional, juga bantuan pembiayaan penuh 1semester.

“Contohnya seperti saya, saya kan tujuannya ke Solo di UNS saya dapat mempelajari beragam budaya beragam kebudayaan lah yang ada di Solo bahkan sampai ke Jogja sampai ke Semarang dan berbagai kota di Jawa Tengah lainnya merupakan pengalaman yang akan berkesan lah Kemudian bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia ada di Aceh sampai Papua itu juga merupakan pengalaman yang sangat luar biasa dan sangat ingin diulang kenangannya”, ucap Nur Khalil.
Sosialisasi dihadiri sebanyak kurang lebih 70 peserta mahasiswa dari Universitas Negeri Medan maupun di luar Sumatera Utara. Acara ditutup dengan tanya-jawab seputar PMM. Harapannya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa yang ingin mendaftar kegiatan PMM 3.

Kru : Alya Sekar

Related articles

Recent articles