15.3 C
New York

Event Semaine De La Francophonie 023 “LA NATURE, NOTRE VIE” Jurusan Bahasa Prancis Unimed

Published:

Medan, Persma Kreatif – Fakultas Bahasa dan Seni Unimed (FBS) Jurusan Bahasa Prancis mengadakan kegiatan Semaine de la Francophonie dengan mengangkat tema “La Nature, Notre Vie”. Kegiatan ini digelar di pelataran Fakultas Bahasa dan Seni Unimed, dimulai pada pukul 07.00. Acara berlangsung selama 2 hari pada tanggal 8-9 Maret 2023, yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah/Sederajat dari berbagai sekolah di Sumatera Utara, serta mahasiswa Unimed maupun diluar Unimed. Rabu, (8/3/23).

Bahasa Prancis merupakan bahasa asing yang harus dipelajari setelah bahasa Inggris dikarenakan sudah banyak negara maju dan berkembang yang menggunakan bahasa Prancis, dibeberapa negara bahasa Prancis telah menjadi bahasa resmi tidak hanya itu bahasa Prancis juga telah digunakan dalan urusan delegasi Internasional karena itulah bahasa Prancis termasuk bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kegiatan ini juga didukung oleh Alliance Francaic Medan dan Campus France yang mana adalah salah satu lembaga kedutaan Prancis yang mempromosikan kuliah di Prancis. Di Indonesia sendiri bahasa Prancis telah diajarkan di sekolah-sekolah menengah.
Acara peringatan Hari Bahasa Prancis yang digelar FBS Unimed dapat mendorong generasi muda Indonesia untuk mempelajari salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, karena dengan mempelajari bahasa Prancis akan membawa manfaat bagi para pelajar atau mahasiswa di berbagai bidang.

Semaine De La Francophonie 2023 merupakan Festival budaya Prancis yang sedang diselenggarakan setelah beberapa tahun ditunda karena dampak dari pandemi di tahun 2020 lalu. kegiatan yang dilakukan diantara lainnya lomba-lomba tingkat siswa, mahasiswa dan umum. Selain itu ada juga special performance.

Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa/i sekolah menengah, salah satunya dari siswa/i SMA Methodis 8 Medan yang telah mengikuti tiga perlombaan diantaranya telah memenangkan juara satu cerdas cermat, juara dua scrabble, dan terakhir menunggu pengumuman pemenang lomba vokal grup tingkat sekolah menengah yang akan di umumkan di hari ke dua, “ Dengan kegiatan ini membantu mengembangkan skill kami dalam bahasa prancis, yang akan berguna di masa depan”, ungkap mereka.

“Semoga kegiatan ini akan terus ditingkatkan lagi agar kami dapat mengasa kemampuan dalam bahasa prancis, dan terkhususnya untuk sekolah kami agar bisa bersaing dengan sekolah lain’’, sambung Ricky perwakilan dari SMA Methodis 8 Medan.

Acara pada hari ke-2 akan menampilkan Persembahan tarian, Perlombaan vocal group (Mahasiswa), MC Chit Chat / Roasting / Melawak, Perlombaan flashmob, Performance band tradisional, Perlombaan Fashion Show, Performance Nyanyi, Perlombaan Musikalisasi Puisi Mahasiswa, Performance oleh Band Pop, Perlombaan Modern Dance, Performance oleh anak bahasa Inggris, Pengumuman Pemenang, Performance oleh Band, Regge dan beberapa kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini diharap dapat menambah wawasan serta kesadaran dan rasa hormat mahasiswa serta siswa/siswi sekolah yang hadir terhadap sejarah dan budaya bahasa Prancis, dapat mengasah kemampuan mahasiswa dan siswa dalam bahasa Prancis”, ungkap Cristina selaku panitia Divisi Acara.

Kru: Friska Amelia

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles