34.6 C
New York

Daerah Kawasan Aliran Sungai di Binjai Meluap

Published:

Hujan deras mengguyur kota Binjai, Sumatera Utara, Jum’at (04/12) yang mengakibatkan sejumlah wilayah dan ribuan rumah warga di kawasan tersebut terendam banjir.

Banjir terjadi disebabkan oleh tiga aliran sungai yang meluap. Ketiga sungai tersebut yakni, Sungai Bangkatan, Mencirim dan Binge.

Meluapnya aliran sungai tesebut diperparah dengan curah hujan yang deras di kawasan sejak Rabu hingga Jumat dini hari. Dari informasi yang diperoleh, debit air yang cukup besar dari hulu mulai naik sekitar pukul 02.00 WIB (04/12) yang membuat sebagian warga mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Hujan sepanjang malam membuat permukiman rumah warga yang terdampak, tergenang banjir sekitar 1-2 meter.

Dilansir dari CNN INDONESIA, enam orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa banjir ini. “Masih ada kemungkinan perkembangan. Termasuk untuk yang hilang, kita masih kumpulkan data pastinya,” ujar Kabid Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Sumut, Mega Hadi Kristianto, Jumat (4/12). Kemudian sebanyak 3.374 KK di 5 kecamatan 16 kelurahan terdampak banjir.

Tim BPBD Binjai terpaksa mengevakuasi ribuan warga yang terdampak menggunakan perahu karet dan alat bantu seadanya. Meski sejak pukul 20:30 (03/12) personel BPBD sudah sibuk mempersiapkan tenda ke dalam mobil truk dan melakukan evakuasi sekitar pukul 04:50 WIB, hingga saat ini masih ada sebagian warga yang masih terkepung oleh banjir dan belum sempat dievakuasi.

Sumber foto : CNN Indonesia

Related articles

Recent articles