asd
24.5 C
New York

Bombshell : Skandal Pelecehan Seksual di Stasiun TV

Published:

Sebuah film yang di sutradarai Jay Roach yang rilis pertama kali di Amerika Serikat pada 20 Desember 2019 oleh Lionsgate. Sebuah film menggambarkan sosok pimpinan jalang di suatu perusahaan.

Film ini diawali dengan menampilkan Charlize Theron sebagai Megyn Kelly yang bekerja sebagai pembawa acara berita paling populer yg bekerja di prime time Fox News dan akan memoderasi debat Partai Republik 2016. Pada hari sebelum perdebatan, dia jatuh sakit, tetapi masih bisa membawa berita yang membahas mengenai Donald Trump terhadap komentar yang dia buat tentang wanita dan apakah temperamennya pantas untuk menjadi seorang presiden. Sebagai balasan, Trump berkicau sampai tak tidur di Twitter untuk balas menghina Megyn serta membuat komentar di televisi tentang ‘kemarahan dan menstruasi Megyn’.

Sedangkan Nicole Kidman sebagai Gretchen Carlson dihapus sebagai pembawa berita di prime time Fox and Friends dan dipindahkan ke acara TV yang kurang populer. Kerap mendapat kritikan dan hinaan mengenai kinerjanya, akhirnya dia bertemu dengan pengacara, Nancy Smith dan Neil Mullin. Namun karna Carlson masih mempunyai kontrak dan itu mencegahnya untuk menuntut Fox walaupun akhirnya dipecat oleh Roger, akhirnya dia memutuskan untuk menuntut Ailes sendiri, perusahaan yang menaungi Fox and Friends. Ia tahu ini akan membahayakan kariernya, tetapi apa yang akan diungkapnya mengenai pimpinan Fox News serta kesaksian dari wanita lain akan membantunya.

Siapa Roger? John Lithgow alias Roger atau Roger Ailes adalah seorang pria tua yang mengepalai Fox News, jaringan televisi kabel kehidupan nyata. Berdasarkan kisah nyata, film ini menceritakan tabiat Roger yang suka melecehkan para pekerja wanita dan meminta berhubungan badan dengan mereka. Banyak wanita yang terpaksa melakukannya demi karier dan posisi pekerjaan. Namun jika menolak akan didemosikan atau bahkan dipecat. Seperti Carlson.

Disisi lain ada Margot Robbie sebagai Kayla Pospisil yang bekerja untuk Carlson, tetapi segera menerima pekerjaan di The O’Reilly Factor dibawah kepemimpinan Roger. Carlson kesal dan mengatakan wanita harus tetap bersatu, tetapi Pospisil tidak ingin karirnya seperti saat ini saja.
Setelah keluar dari Fox, Carlson menjalankan rencananya dan benar ada beberapa wanita yang mau menjadi saksi atas perilaku buruknya. Kabar itu sudah terdengar sampai ke seluruh kantor Fox and Friends. Megyn mendapat tatapan tajam setiap hari dari para pekerja yang menunggunya membuat kesaksian tentang perilaku buruk Roger. Apakah Megyn berada di posisi sekarang karna memberi apa yang Roger mau? Ya, Megyn melakukannya.

Merasa harus bersaksi, Megyn mencari tahu siapa yang menjadi korban Roger saat itu. Pospisil. Ya, Pospisil adalah pekerja baru yang menyerahkan dirinya kepada Roger seperti Megyn. Megyn membuat kesaksian kepada Ailes mengenai Roger dan dirinya. Ailes merasa diuntungkan karna banyak penonton yang menyukai berita tentang Roger. Akhirnya Ailes memecat Roger dengan tidak hormat dan menyerahkan tuduhan secara pribadi kepada Roger karna tidak ingin dirugikan. Pospisil keluar dari The O’Reilly Factor dan berharap sesuatu berbeda dengan sebelumnya. Carlson berhasil memenangkan kasus yang mempertahankan harga dirinya dan Megyn berhasil dengan kariernya.

Film ini menggambarkan cara jurnalis mempertahankan karirnya dengan harga dirinya. Dunia kerja memang selalu menuntut hal-hal yang mungkin diluar perkiraan sebelumnya. Jurnalis bukan hanya tentang karir yang melejit namun seberapa jujur, seberapa profesional, seberapa bertanggungjawab dan seberapa berani untuk benar-benar mengungkap apa yang terjadi bukan apa yang ingin ditonton. Megyn, Carlson, Roder dan Pospisil diperankan dengan sangat baik sehingga penonton berhasil masuk kedalam apa yang mereka pikirkan dalam film ini.
Namun, pada film ini tidak digambarkan bagaimana hukum di Amerika Serikat menanggapi Roger dan adakah apresiasi yang diberikan kepada para wanita yang bersaksi tentang Roger.

Related articles

Recent articles