10.9 C
New York

Aliansi Jurnalis Independen Gelar Webinar Kapasitas Jurnalis Guna Tingkatkan Kemampuan Kemampuan Menyuarakan Berita

Published:

Medan, Persma Kreatif- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menggelar kegiatan Kapasitas Jurnalis dalam Pemilu 2024. Guna meningkatkan dan menyuarkan berita yang bukan hanya menjadi kepentingan media public tetapi menjadikan media sebagai Media Alternatif pada 12/02/2024 melalui virtual zoom meeting.

Pemaparan materi disampaikan oleh Engelbertus Wendratama selaku Peneliti PR2Media mengenai Temuan Riset : Kapasitas Jurnalis untuk meliput pemilu 2024.” Sudah banyak riset yang dipaparkan dari pemilu masa covid hingga sekarang dan tingkat kepercayaan masyarakat tertinggi tetap kepada media Konvesional terutama Televisi.”ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan oleh beberapa narasumber yang hadir untuk memberikan tanggapan mengenai “Temuan Riset: Kapasitas Jurnalis untuk meliput 2024”. Narasumber pertama yaitu Ninik Rahayu selaku Ketua Dewan Pers Indonesia, mengatakan “Demokrasi antara idealisasi dan realitas. Banyak sekali tantangan & tanggung jawab Pers karena Pers bukan hanya menjadi corongnya pemerintah,legislatif, bahkan bukan hanya semata-mata corong masyarakat yang artinya tanpa melakukan kritisisasi.”ucapnya.

Diakhir, Ninik Rahayu beliau mengatakan “Jika kita ingin agar Pers kita independen, Merdeka maka mempersyaratkan pada dua hal yaitu Jurnalis harus Profesional dan Perusahaan Pers harus Sehat. Profesionalisme Wartawan juga sangat memerlukan dukungan perusahaan Pers yang Profesional dari pembayaran yang benar, dilindungi dan dijamin keamanannya, sehingga dalam berkerja redaksi itu ada dalam ruang yang paling aman.” Ucap Ninik.

kru: Grace & Wahyu

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles