27.5 C
New York

Acara Puncak Gebyar Sastra Indonesia Unimed

Published:

Selasa 8 Desember 2020, telah berlangsung acara puncak Gebyar sastra Indonesia yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.

Acara ini diawali dengan laporan dari Ibu Muharina Harahap S.S., M.Hum selaku ketua panitia sekaligus dosen di Program studi Sastra Indonesia. “ Gebyar Sastra Indonesia ini merupakan program kerja prodi yg bertujuan meningkatkan kreatifitas mahasiswa serta memperkenalkan Program Sastra Indonesia agar semakin di kenal di tingkat nasional” Tuturnya.

Kegiatan gebyar sastra yang sudah dimulai sejak 6 november ini diakhiri dengan pengumuman nama-nama peserta yang berhasil memenangkan lomba Gebyar Sastra. Adapun cabang-lomba yang diadakan adalah lomba baca puisi, lomba video tik-tok, lomba cerita komik, lomba cipta puisi dan lomba cipta cerpen.

Acara puncak Gebyar Sastra Indonesia tingkat nasional ini turut serta dihadiri oleh Ketua Prodi Sastra Indonesia Yakni Bapak Dr. Oky Fardian Gafari, M.Hum, ketua jurusan Drs. Syamsul Arif, M.Pd, Dekan FBS Universitas Negeri Medan Bapak Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum, beberapa Juri dari setiap bidang lomba serta para peserta lomba Gebyar Sastra Indonesia.

“sedianya memang kegiatan kita ini harus dimeriahkan dengan berbagai fasilitas yang bisa kita siapkan, tapi karena situasi yang belum memumungkinkan akhirnya berbagai kegiatan dilakukan secara daring tetapi itu tidak mengurangi kreatifitas mahasiswa” Ucap Bapak Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum selaku Dekan di Fakultas Bahasa dan Seni.

Seperti yang dituturkan Bapak dekan, memang benar situasi ini tidak mengurangi semangat dan kreatifitas mahasiswa dalam berkarya, buktinya acara gebyar sastra ini dimeriahkan oleh ratusan peserta yang bukan hanya berasal dari Universitas Negeri Medan dan Provinsi Sumatera Utara melainkan dari berbagai kota dan Univeritas. Seperti, dari Jambi, NTT, Banten dan lain sebagainya.

Acara ini kemudian berlangsung tegang ketika para juri mengumumkan pememang dari setiap bidang lomba. Masing-masing peserta bidang lomba akan dipilih sebanyak 3 orang yang menjadi juara di bidangnya. Di sela-sela itu beberapa penampilan seperti Pembacaan puisi oleh juri, pembacaan puisi oleh mahasiswa sastra Indonesia, dan penampilan karya-karya peserta yang juara turut memeriahkan acara Gebyar Sastra Indonesia.
Akhir acara ini ditutup oleh Kaprodi Sastra Indonesia yakni Bapak Dr. Oky Fardian Gafari, M.Hum dengan ucapan selamat kedapa para juara setiap bidang lomba, ucapan trimakasih kepda panitia, dan permohonan maaf atas kekeurangan yang ada dalam acara tersebut.

Kru : Lao Septi Sika Ginting dan Resnanda Putri K. Manik

Related articles

Recent articles