13.4 C
New York

Wisuda Daring Universitas Negeri Medan

Published:

Kedua kalinya dalam sejarah, Universitas Negeri Medan mengadakan wisuda secara daring. Pada Rabu, 2 Desember 2020 wisuda berbasis virtual ini telah diselenggarakan dengan cukup baik. Dimulai pukul 09.00 WIB, wisuda daring diikuti oleh 1107 mahasiswa dari Program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma. Dilaksanakan secara online melalui tiga Zoom, siaran langsung di kanal Youtube Universitas Negeri Medan dan juga luring untuk perwakilan wisudawan dengan IPK terbaik dari setiap fakultasnya.
Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Rektor Universitas Negeri Medan. Kemudian, pembukaan upacara wisuda daring oleh Rektor Universitas Negeri Medan dan laporan dari direktur program Pascasarjana dan dekan dari setiap fakultas mengenai jumlah mahasiswa yang diajukan untuk diwisuda pada hari ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pewisudaan wisudawan oleh Rektor Universitas Negeri Medan, “Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Esa, kami menerima 1107 lulusan Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 15 orang Doktor Pendidikan, 11 orang Magister Humaniora, 66 orang Magister Pendidikan, 10 orang Magister Sains, 1 orang Magister Olahraga, 864 orang Sarjana Pendidikan, 41 orang Sarjana Sastra, 46 orang Sarjana Sains, 5 orang Sarjana Olahraga, 44 orang Sarjana Ekonomi, dan 4 orang Ahli Madya lulusan semester ganjil 2020/2021 sesuai laporan direktur Pascasarjana dan dekan fakultas,” ucap beliau di kesempatan kali ini.

Pengumuman Indeks Prestasi tertinggi alumni, penyerahan cinderamata, pembacaan Janji Alumni dan menyanyikan Mars Universitas Negeri Medan melengkapi runtutan acara wisuda ini. Disambung dengan penyampaian bimbingan dari Rektor, “Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT sebagai upaya dalam mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di negeri kita. Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di UNIMED, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan yang unggul, memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai dengan bidang yang saudara geluti. Namun, kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri 4.0 agar saudara mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif,” pesan beliau kepada seluruh wisudawan.

Penyampaian bimbingan tersebut diteruskan dengan kegiatan menyanyikan Hymne Universitas Negeri Medan, Orasi Ilmiah oleh Ketua Senat UNIMED, Pemindahan tali toga dan pemberian ijazah secara simbolis kepada perwakilan wisudawan oleh Rektor dan didampingi direktur Program Pascasarjana serta dekan tiap fakultas. Setelah itu, pembacaan nama-nama wisudawan, kegiatan ini merupakan yang paling dinanti oleh para penonton yang menyaksikan.

Pembacaan nama-nama wisudawan diawali dari wisudawan Pascasarjana Program Doktor dan diakhiri dengan wisudawan Fakultas Ekonomi. Pembacaan do’a menjadi kegiatan sesudahnya sekaligus penanda berakhirnya acara wisuda daring periode Desember 2020/2021 ini.

Related articles

Recent articles