15.3 C
New York

Webinar Sharring Session : How to Increase Your Soft Skill

Published:

Medan , Persma Kreatif —  Para Calon Kru Baru (CKB) 34 Persma Kreatif UNIMED mengadakan webinar dengan mengangkat tema “Sharring Session : How to Increase Your Soft Skill”. Acara tersebut diadakan pada Kamis, 21 Juli 2022 pada pukul 10.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri sekitar 34 peserta.  Berdasarkan tema ini, topik bahasan webinar adalah mengetahui bagaimana cara menemukan dan menerapkan soft skill yang ada pada diri sendiri.

Webinar Sharring Session ini memiliki tujuan dalam meningkatkan wawasan serta keterampilan dasar bagi para pesertanya. Dalam pelaksanaan kegiatan , terdapat 1 narasumber yang dihadirkan sebagai pembicara yang luar biasa dan menarik yaitu Hairun Nisa Sagala S.Sos selaku Founder Istana Para Pemimpi dan Ketua Komunitas Cendekia Nusantara.

Di awal pemaparan Kak Hairun memberikan quotes yaitu “Zona nyaman adalah zona yang menyamankan namun tidak membuatmu aman.” Begitu juga dengan soft skill yang ada dalam diri kita. Jika, kita tidak menggali potensi dalam diri kita berarti kita berada di zona nyaman.

Kak Hairun menyatakan definisi soft skill adalah kemampuan komunikasi,karakteristik seseorang,kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Selain itu pemaparan mengenai inter dan intra personal skills, contoh kemampuan soft skills serta perbedaan soft skill dan hard skill. 

Dalam penjelasannya, Kak Hairun memberikan tips dalam melatih dan mengoptimalkan soft skill. Adapun tips nya yaitu memperbanyak interaksi dengan orang lain dan jangan terlalu menyendiri. Lalu focus terhadap keterampilan yang ingin dikuasai, learning by doing, aktif di organisasi, mengikuti kegiatan yang bermanfaat seperti seminar serta gunakan setiap kesempatan. Kita harus mengambil setiap kesempatan yang ada karena kita tidak mengetahui kesempatan mana yang akan membawa kita ke jalan kesuksesan. 

Pada akhir pemaparan, Kak Hairun  juga menambahkan bahwa jadikan kuliah sebagai investasi karena kesempatan berkuliah tidak semua dimiliki oleh orang lain. Latihlah soft skill kamu selama perkuliahan serta menyeimbangkan aktivitas akademik dan non akademik.  

  Setelah seluruh materi disampaikan oleh pemateri, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang secara aktif diikuti oleh seluruh peserta. Sebagai penutup disampaikan harapan dengan dilaksanakannya sharing session ini teman-teman dapat menemukan potensi dan focus menjadi versi maksimal diri kita. 

Oleh : Yessica Isabella Purba (CKB 34)

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles