asd
27.6 C
New York

Telah Ditunggu-tunggu, Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 Telah Dibuka

Published:

KIP Kuliah Merdeka merupakan program pemerintah yang berfokus memberikan bantuan kepada mahasiswa Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi. Sebelumnya KIP Kuliah Merdeka adalah transformasi dari KIP Kuliah dan Bidikmisi.

Adapun acara Pembukaan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 digelar secara virtual oleh Puslapdik Kemdikbud RI dan dibuka langsung oleh Wayan L selaku Koordinator Beasiswa Pendidikan Tinggi. Ia mengungkapkan bahwa skema pembiayaan KIP Kuliah dan KIP Kuliah Merdeka hampir sama.“

Bantuan KIP Kuliah Merdeka ini awalnya bernama Bidikmisi yang berubah menjadi KIP Kuliah Merdeka pada 2021. Untuk skema pembiayaan hampir sama dengan sebelumnya, kemudian biaya pendidikan akan menyesuaikan dengan biaya hidup yang ada di daerah masing-masing.” ungkapnya (Rabu, 2/2/2022).

Acara ini juga dihadiri oleh Muni Ika selaku sub Koordinator KIP Kuliah. Ia menjelaskan mengenai adanya perbedaan Skema KIP Kuliah 2020 dan Skema KIP Kuliah Baru 2021. Jika sebelumnya, rata-rata besaran uang kuliah Rp2,4 juta per semester maka untuk KIP Kuliah yang baru akan dibagi berdasarkan akreditasi prodi. Adapun biaya hidup Rp700.000 per bulan yang sebelumnya disamakan di seluruh Indonesia, kini akan dibagi berdasarkan 5 klaster daerah.

Prioritas penerima KIP Kuliah Merdeka ini diantaranya adalah mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin, mahasiswa dengan keterbatasan akses termasuk difabel, asal 3T, Papua dan Papua Barat serta mahasiswa pada kondisi khusus karena bencana atau lainnya.

Catatan penting yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa adalah memastikan data yang tercatat di Dapodik benar, NIK dipastikan milik pribadi, dan mendaftar dengan menggunakan alamat email yang aktif dan email pribadi.

Untuk tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2022, calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman KIP-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP-Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022, dapat memantau dan mengakses perkembangan jadwal terbaru melalui web tersebut.

Kru: Tantri Sihite

Related articles

Recent articles