12.9 C
New York

Resmi Beroperasi, BSI Menjadi Bank Syariah Terbesar di RI

Published:

PT Bank Syariah Indonesia Tbk ( BSI) resmi beroperasi pada Senin (1/2/2021). Peresmian Bank Syariah Indonesia dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

“Sebagai bagian dari upaya pengembangan ekonomi syariah Indonesia, saya menyambut baik peluncuran PT Bank Syariah Indonesia Tbk, pada hari ini. Saya menaruh harapan besar agar Bank Syariah Indonesia ini memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ekonomi syariah yang mensejahterakan umat dan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi, dalam video conference, Senin (1/2).

Tercatat terdapat beberapa tahap yang dilalui untuk mencapai kesepakatan ini. Proses penggabungan ini membutuhkan waktu sekitar 11 bulan dimulai dimulai pada Maret 2020.

BSI adalah hasil merger dari tiga bank syariah milik pemerintah, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah Tbk, dan BNI Syariah.
Penggabungan tiga bank ini menggabungkan kekuatan dari ketiga Bank Syariah tersebut dan bertujuan untuk mengoptimalkan potensi keuangan dan ekonomi Syariah Indonesia yang besar. Didukung sinergi dengan perusahaan induk (Mandiri, BNI, BRI) serta komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia memiliki visi untuk menjadi salah satu dari 10 bank Syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar dalam 5 tahun ke depan.

Bank Syariah Indonesia memiliki total aset mencapai sekitar Rp 240 triliun. Bank Syariah Indonesia masuk dalam daftar 10 besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset. Dari sisi jaringan, Bank Syariah Indonesia didukung oleh lebih dari 1.241 kantor cabang, sekitar 2.447 jaringan ATM, serta didukung lebih dari 20.000 karyawan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Dengan total aset dan finansial yang dimiliki BSI maka diharapkan akan menjadi bank syariah Indonesia untuk dapat membangun perekonomian secara masif.

Related articles

Recent articles