27.5 C
New York

Rasa Haru dan Bangga atas Raih Unimed Juara ke-9 dalam PIMNAS ke-35 di Malang

Published:

Malang, Persma Kreatif –Unimed raih juara ke-9 dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-35 di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (3/12). Kabar ini membahagiakan dan membanggakan Civitas Unimed, sebab mengingat beberapa tahun sebelumnya Unimed belum mampu bersaing dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Unimed terakhir kali mendapat juara ke-10 dalam PIMNAS ke-29 tahun 2016 di IPB.

Acara ini digelar sejak 29 November sampai Desember 2022. Terdapat 97 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang lolos dan berhak mengikuti PIMNAS tersebut. Sebanyak 374 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM ) berkompetisi secara nasional pada ajang bergengsi ini. Beberapa kategori PKM yang dikompetisikan, yakni bidang penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan karya ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah(AI) dan PKM Gagasan Tertulis (GT).

Dalam kompetisi nasional ini, Unimed berhasil meraih satumedali emas kategori persentasi, satu medali perunggu kategori poster, dan satu juara favorit kategori persentasi dari 7 Tim yang lolos. Sementara itu, juara umum berhasil diraih oleh IPB, kemudian disusul dengan UGM, ITS, UM, UB, UNHAS, ISI Solo, ITB, Unimed, dan Unair.

Prestasi nasional yang dicapai ini tentu tak luput dari proses dan kerja keras akademik. Pembimbingan yang dilakukan oleh tim dosen pembina tentu juga tak luput dari dukungan yang diberikan oleh pimpinan Unimed.

Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sahat Siagian yang turutmenyaksikan pengumuman kompetisi ini mengungkapkan, “saya dan tim pendamping merasa terharu dan bergetar jiwa kami pada saat mendengar nama Unimed dipanggil sebagai peraih medali emas, perunggu, dan juara favorit. Puji Tuhan,tiga kali nama Unimed dipanggil sebagai juara, dan Unimed berhasil didaulat sebagai juara ke-9 dari 97 Perguruan Tinggi dan 374 tim yang berperan sebagai peserta PIMNAS ke-35.”

Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, selaku rektor Unimed walaupun tidak berhadir di arena pertandingan juga turut mengungkapkan rasa bangga dan terharu, karena prestasi di PIMNAS ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Civitas Unimed di tingkat nasional. 

“Tiga tim PKM mahasiswa dan dosen pendamping yang meraih medali, dan 7 tim yang berhasil lolos ke PIMNAS ini harus kita beri apresiasi secara baik, karena telah berhasil mengharumkan nama Unimed di PIMNAS ke 35. Apalagi Unimed berhasil bersaing dan menyisihkan 374 tim dari 97 perguruan tinggi di Indonesia. Semoga prestasi membanggakan ini dapat memantik dan memacu seluruh mahasiswa Unimed untuk lebih berprestasi masuk 5 besar di PIMNAS ke-36 di UNPAD Bandung Tahun 2023,” ujar Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles