13.1 C
New York

Peningkatan Kreativitas Remaja Desa dengan Pengelolaan Limbah Cangkang Kerang oleh Kelompok KKN di Desa Bagan Serdang, Deli Serdang

Published:

Medan, Persma Kreatif – Kelompok KKN UNIMED 2022 di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang sebanyak 20 orang berhasil melaksanakan kegiatan upaya pemanfaatan limbah organik cangkang kerang yang bisa dimanfaatkan dengan dibuat kerajinan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja kelompok yang dirancang oleh kelompok KKN yang ditargetkan untuk anak-anak remaja setempat yang ada di desa Bagan Serdang, pada Jumat, 19 Agustus 2022. 

​Sebagai salah satu desa yang memiliki penghasil ikan dan seafood yang segar, khususnya limbah cangkang kerang yang sangat mudah ditemui di desa ini. Keberadaan limbah sering kalidijauhi orang karena dianggap sebagai sampah dan tidak memiliki manfaat. Umumnya orang memandang remehcangkang keras yang dihasilkan oleh salah satu hewan golonganmoluska ini. Cangkang kerang yang keras, kerap dianggapsebagai limbah yang biasanya hanya dijadikan sebagaipenimbun jalan yang becek atau malah terbuang begitu saja.Padahal jika limbah organik khususnya mampu dimanfaatkandengan baik dibuat sebuah kerajinan bisa menghasilkan keuntunganyang besar. Oleh karena itu, mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa Bagan Serdang berinisiatif untuk mengolah limbah cangkang kerang tersebut menjadi produk yang memiliki nilai guna dan akan menambah kreativitas masyarakat setempat. 

​Kegiatan diadakan di posko mahasiswa KKN, tepatnya di dusun III Desa Bagan Serdang yang dihadiri beberapa remaja setempat. Kegiatan ini ditujukan untuk mengedukasi muda mudi tentang pemanfaatan limbah cangkang kerang menjadi produk yang memiliki nilai pakai. Remaja desa sangat antusias dan menerima dengan baik kegiatan tersebut. Kelompok KKN Unimed berharap cangkang kerang yang biasanya langsung dibuang, dapat dimanfaatkan menjadi produk kerajinan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari masyarakat.

Selain untuk mengurangi limbah lingkungan kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan anak-anak remaja setempat bahwa limbah cangkang kerang yang sering mereka lihat di sekitaran lingkungan rumah dapat dijadikan sebagai suatu produk yang berguna yang dapat untuk digunakan. 

Kru : ranisa

Related articles

Recent articles