12.9 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi III Kejurnalistikan

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) oleh Persma Kreatif Unimed. Kegiatan ini merupakan PJTD ke-3 dari 16 PJTD yang akan dilaksanakan beberapa minggu kedepan. PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru ke-34 (CKB-34) Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga sanggup berkontribusi di Persma Kreatif.
Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-3 dibawakan oleh Abangda Suyadi San,S.Pd.,M.Si. dengan materi “Kejurnalistikan”. PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting yang diikuti sekitar 41 peserta CKB 34 (Calon Kru Baru) dan beberapa kru panitia. Minggu (03/04/22) pukul 14.00 WIB.
Abangda Suyadi San,S.Pd.,M.Si. merupakan mantan Pimpinan Redaksi Persma Kreatif tahun 1994-1996 yang sekarang sedang menjabat menjadi salah satu peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Saat ingin menyapaikan materi beliau sangat antusias dan sangat semangat memberikan ilmu kepada para CKB 34.
Pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan Kru 33, yakni saudari A’liyya Putri. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest dan pembacaan CV dari pemateri. Pemateri menyampaikan materi mengenai “Kejurnalistikan” mulai dari secara umum hingga khusus. Hal-hal mendasar, meliputi definisi dari komunikasi, berita, pers, hingga mencakup unsur-unsur dalam penulisan berita. Tak lupa, beliau memberikan contoh penerapan dari materi yang telah beliau sampaikan.
“Kita sebagai generasi jurnalis harus mengenal dasar-dasar dari jurnalistik terlebih dahulu, agar saat terjun ke lapangan kita tidak salah langkah, menjadi seorang jurnalis tidaklah mudah, harus melalui tahapan dan proses yang cukup intens, jurnalis haruslah berani, menyajikan berita yang akurat, memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat, dan yang tak kalah penting “berkarakter” ujar Abangda Suyadi San.
Walaupun PJTD dilaksanakan melalui virtual, tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme dan keingintahuan para peserta. CKB-34 yang aktif dan ikut berpartisipasi. Beberapa CKB tersebut bertanya dan berdiskusi mengenai materi “Kejurnalistikan” bahkan membicarakan hal yang menjadi isu trending saat ini.
Penutup dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat dasar (PJTD) pada siang hari ini, Abangda Suyadi San menyampaikan harapannya kepada CKB-34 untuk tetap semangat dan menjadi seorang jurnalis yang berani dan tidak takut salah dan yang terpenting berkarakter baik dan akurat dalam menyajikan berita.
Kru: Rizky Agassy Sihombing

Related articles

Recent articles