9 C
New York

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Published:

Istilah growth mindset dan fixed mindset pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Carol S. Dweck, seorang psikolog di Stanford University melalui bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success.

Growth mindset merupakan pola pikir seseorang yang selalu mau berkembang. Dimana dasarnya orang-orang yang memiliki pemikiran ini percaya bahwa kesuksesan dan kualitas setiap individu dapat berubah dan berkembang melalui pembelajaran dan pengalaman sehingga bakat yang dimilikinya sejak kecil hanyala sebuah permulaan. Mereka menanamkan pola pikir untuk terus belajar dan memahami dunia.

Seseorang dengan growth mindset sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan sebagai akhir, melainkan sebagai tangga untuk melangkah ke tahap berikutnya. Sedangkan fixed mindset ialah pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah. Mereka cenderung orang yang gampang puas akan pencapaiannya dan mereka biasanya akan menilai kegagalan sebagai tanda ketidakmampuan. Kegagalan sangat tidak ia sukai dan selalu berusaha untuk mencapai keberhasilan dalam waktu singkat atau sekali coba. Hal ini membuat mereka tidak suka dengan tantangan yang kemungkinan dapat menghasilkan kegagalan, karena jika mereka gagal mereka cenderung akan sulit untuk bangkit kembali dan pada akhirnya mereka lebih memilih untuk tetap berada pada zona nyamannya.

Memiliki growth mindset memanglah penting bagi kunci dari suatu keberhasilan hidup seseorang. Namun, setiap orang pasti pernah berada pada fixed mindset karena tidak ada orang yang memiliki growth mindset seratus persen sepanjang kehidupannya, tinggal kitalah yang harus memposisikan diri kita di setiap kondisi dengan pandangan pemikiran yang tepat.

Kru: Nur Wira Triana

Related articles

Recent articles