29.9 C
New York

Pantai Baron, Destinasi Wisata Alam yang Menawan di Yogyakarta

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pantai Baron merupakan salah satu pesisir pantai di bagian Selatan Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Baron sekitar 57,3 km dengan waktu yang tempuh satu jam setengah hingga dua jam.

Pada tahun 1930, pantai ini pernah menjadi tempat persembunyian senjata oleh Belanda. Nama Baron didapatkan dari salah satu bangsawan Belanda. Ia memiliki ilmu yang sakti, bahkan konon mampu melawan senopati pendiri kesultanan Mataram.

Pantai ini mempunyai karakteristik yaitu berbentuk seperti huruf u yang diapit oleh dua barisan karang di kedua isinya. Karang ini berfungsi untuk menahan gelombang Laut Selatan yang tiada henti. Salah satu ciri khas lain dari Pantai Baron ialah adanya mata air yang berasal dari bawah tanah dan mengalir cukup deras ke arah lautan sehingga membentuk sebuah sungai. Meskipun berada sangat dekat dengan laut, namun sungai tersebut memiliki cita rasa air yang tawar. Para pengunjung yang tidak berani berada di sekitar laut dapat bermain air dan berenang di aliran sungai bawah tanah tersebut. Di sekitar pantai juga terdapat bukit yang membuat pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Baron dari atas bukit tersebut.

Pantai Baron sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Berkemah dan piknik bersama di pantai ini sembari menikmati aliran sungai serta matahari terbit dan terbenam yang sangat menawan. Jalanan yang beraspal membuat akses ke Pantai Baron tergolong cukup nyaman untuk dilalui kendaraan. Ada beberapa alternatif rute ke Pantai Baron yang dapat kalian gunakan, yaitu:

  1. Melalui Piyungan, Yogyakarta : Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Bunderan Tugu BPD, Jalan Lingkar Selatan – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pantai Baron.
  2. Melalui Imogiri, Yogyakarta : Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – ikuti arah Pantai Baron

Kru: Azahra

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles