13.4 C
New York

Medan Gelar MTQ ke-56, Tahun ini ada yang Berbeda dari Tahun Lalu

Published:

Medan, Persma Kreatif – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-56 tingkat Kota Medan digelar di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU). Sabtu,(25/2/23). Boby Nasution selaku Wali Kota Medan membuka kegiatan MTQ . Kegiatan diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah utusan dari 21 Kecamatan dari Kota Medan. Kegiatan ini berlangsung selama 11 hari, mulai dari tanggal 25 Februari 2023 sampai 04 Maret 2023. Adapun beberapa cabang perlombaan, yang te rdiri dari Seni Baca Qur’an, Qiraat Al-Qur’an, Kaligrafi, Hafalan Al-Qur’an dan Hadist, dll.

Peserta yang mengikuti perlombaan pada MTQ tahun ini berjumlah 618 orang yang mewakili 21 Kecamatan. Mahdi Al-Fatah, Mahasiswa UINSU yang merupakan salah satu peserta lomba hafalan 100 hadist Nabi, mengatakan “MTQ yang diadakan tahun ini sangat wah, karena sudah 2 tahun diadakan tidak semeriah tahun ini karena covid melanda. Tahun sebelumnya hanya sekedar lomba saja”. Menurutnya, mengorbankan waktu untuk tidak bermain gadget dan keluar bersama teman merupakan tantangan dalam persiapan mengikuti lomba.

Pada kegiatan MTQ ke-56 terdapat stan pameran dan bazar UMKM yang membedakannya dari tahun sebelumnya. Setiap perwakilan Kecamatan wajib mendirikan sebuah stan pameran dalam kegiatan ini, karena akan ada penilaian pada penutupan acara. Salah satu penjaga stan pameran Kecamatan Medan Baru berpendapat bahwa, acara MTQ ini sangat bagus dalam membangun budaya cinta Al-Qur’an pada masyarakat.

Kru : Alya dan Nindya

Related articles

Recent articles