15.3 C
New York

KPID Sumut Sosialiasikan Analog Switch Off dan Penyiaran Televisi Digital

Published:

Medan, Persma Kreatif —KPID Sumut melakukan Sosialiasi Analog Switch Off (ASO) dan Penyiaran Televisi Digital di Hotel Madani, Jl. Sisingamangaraja pada, selasa (25/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialiasi kepada masyarakat mengenai penonaktifan siaran analog pada televisi dan peralihan menjadi siaran digital.

Kegiatan ini menghadirkan Pelaksana Tugas (Plt) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dr Ilyas Sitorus dan Ketua KPID Sumut Anggia Ramadhan,SE.MSi juga Suardi Chamong dari TVRI sebagai pemateri.

Anggia Ramadhan memaparkan dengan penyiaran digital diproyeksi keberagaman konten lokal akan lebih banyak tayang di lembaga berjaringan nasional dan akan mengangkat potensi diseminasi informasi keunggulan lokal seperti pariwisata dan potensi ekonomi dan lainnya.

“Hal ini bisa menjadi acuan kabupaten kota untuk melakukan hibungan yang signifikan dengan lembaga penyiaran bagi mereka untuk mengisi konten lokal,” ujarnya.

Pengalihan frekuensi siaran dari analog menjadi digital memiliki tantangannya sendiri. Tantangan industri kreatif sebagai output dari digitalisasi penyiaran yang terbuka ini harus dijawab dengan kesiapan sumber daya manusia.

“Kualitas siaran yang semakin baik dan merata ini harus dijadikan peluang bagi semua masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, taraf hidup maupun hak-hak lain sebagai warga negara,” ujarnya.

Ilyas Sitorus mengatakan migrasi tv analog ke digital ini merupakan hal baik dalam menjawab penyesuaian teknologi penyiaran.

Related articles

Recent articles