asd
32.3 C
New York

Bantu Wujudkan Destinasi Eco-Wisata di Kota Medan, Dosen Unimed Susuri Sungai Babura

Published:

Medan, Persma Kreatif — Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat PKM Unimed bersama Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FIP Unimed menyusuri Sungai Babura mulai dari Taman Beringin ke Kampung Sejahtera pada Rabu, (21/06). Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau langsung dan melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan melalui pemanfaatan sungai sebagai destinasi eko-wisata di Kota Medan. Kegiatan ini merupakan tahap awal program kemitraan yang akan dilakukan tim dalam waktu dekat bersama masyarakat Kampung Sejahtera Kota Medan.

Adapun Ketua tim Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd. dengan anggota Prof. Dr. Yusnadi, MS., Yuzia Eka Putri, ST., M.Par., dan Melly Br Bangun, S.Kom., M.Kom. Dengan melibatkan mahasiswa Rachel Elisabet Ginting, Dika Dona Syahputra, Azzahwa dan Cristina Saragih.

Selaku Ketua, Mahfuzi mengatakan “Kegiatan ini dalam rangka pengabdian kami sebagai dosen untuk masyarakat yang nanti tujuan akhir setelah kami menyusuri sungai ini untuk memberikan Pendampingan Rintisan Kampung Eco-Wisata “Susur Sungai Babura” Berbasis Komunitas Tourism Literacy Di Kampung Sejahtera Kota Medan”. Kemudian beliau menambahkan bahwa “kami melihat Sungai Babura dan Kampung Sejahtera memiliki potensi yang dapat dikembangakan guna mendukung bertambahnya destinasi ekowisata di Kota Medan sehingga kami akan berupaya mewujudkan itu melalui pendekatan berbasis pendidikan masyarakat dengan bekerja sama dengan berbagai komunitas yang sebelumnya sudah berjuang untuk mewujudkan Destinasi Ekowisata Susur Sungai Babura”.

Kepala Lingkungan, Adi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh tim PKM Unimed, karena wisata sungai babura sempat vakum, terkendala akibat kurangnya pengunjung, masih banyak masyarakat membuang sampah di sungai dan minimnya fasilitas yang ada. Mudah-mudahan dengan dilakukannya kegiatan selanjutnya nanti dapat membawa dampak yang positif bagi destinasi ekowisata susur sunagi babura khususnya masyarakat kampung sejahtera agar kendala-kendala tadi perlahan semakin teratasi.

Selanjutnya, Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan ini akan membuat rancangan produk seperti katalog destinasi Ekowisata Susur Sungai babura yang kemudian produk tersebut didesiminasikan kepada masyarakat kampung sejahtera. Kemudian Tim PKM Unimed ini juga akan memberikan pendampingan kepada masyarakat kampung sejahtera berupa pelatihan pemanfaatan fotografi dan pengelolaan media sosial guna mendukung eksistensi destinasi ekowisata susur sungai babura. Tim PKM Unimed menyadari bahwa untuk mewujudkan destinasi ekowisata susur sungai babura hanya bisa dilakukan apabila semua pihak bergandengan tangan, gotong royong baik dari akademisi, pemerintah kota medan, komunitas-komunitas hingga para tokoh masyarakat dan masyarakat kampung sejahtera.

Sementara itu ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Aminurasid, mengucapkan terimakasih kepada Universitas Negeri Medan (UNIMED), yang telah peduli terhadap lingkungan dengan melanjutkan visi dan misi dari program P3KS untuk menjadikan sungai sebagai destinasi wisata.

“Kami selaku masyarakat Kampung Sejahtera, berterimakasih kepada pihak Universitas Negeri Medan yang telah peduli dengan sungai Babura, dan semoga kedepannya kita bisa saling bergandengan tangan untuk mewujudkan mimpi besar masyarakat Kampung Sejahtera, dengan menjadikan sungai Babura sebagai destinasi wisata, sehingga dengan adanya wisata sungai Babura ini, perekonomian masyarakat kampung Sejahtera dapat terdongkrak dan sungai bisa terjaga kebersihannya” tutup Rasyid.

Related articles

Recent articles