asd
28.7 C
New York

Akhirnya Unimed Adakan PKKMB Secara Offline setelah 3 Tahun Online. Mahasiswa Baru: Seru Banget!

Published:

Medan, Persma Kreatif – Universitas Negeri Medan adakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa (15/08/23) di Gedung Serbaguna Unimed. PKKMB tahun ini adalah kali pertama Unimed langsungkan secara offline setelah 3 tahun online pasca pandemi Covid-19.

Rangkaian acara dimulai dari pengantar oleh Protokol, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Laporan Ketua Pelaksana Irwansyah Siregar S.Pd M.Pd, dilanjutkan arahan dan bimbingan oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., kemudian acara tepung tawar bagi perwakilan mahasiswa di masing-masing fakultas oleh Rektor Unimed beserta jajaran.

Dalam kata sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM,. M.Kes mengatakan, “Saat ini Unimed memiliki 7 fakultas dan 1 program Pascasarjana. Dari 7 fakultas terdapat 82 Program Studi, 19 Program Magister, dan 6 Program Doktoral. Terdapat pula 50 prodi yang terakreditasi A (61 %). Dan Anda adalah orang-orang yang sangat beruntung menjadi bagian dari Unimed,” tegasnya kepada para Mahasiswa Baru.

Saat ini data mahasiswa Unimed 2023 yang terdaftar sebanyak 52.348 mahasiswa, yang lulus sebanyak 8.555 mahasiswa, dan yang teregistrasi ulang sebanyak 7.936 mahasiswa.

Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Bahaya Radikalisme menjadi materi wajib pada PKKMB kali ini. Hebatnya, masing-masing pemateri berasal dari instansi yang cukup berpengaruh, yaitu BNN Prov. Sumut dan Kodam I Bukit Barisan.

Sebagai narasumber mengatakan bahwa permasalahan besar dinegeri ini adalah kita yang melawan bangsa sendiri. Maka, dengan sosialisasi tersebut, narasumber berpesan agar Mahasiswa dapat menolak tegas tindakan radikalisme dan terorisme, memahami ilmu agama dengan benar, tidak mudah terprovokasi, selalu waspada dengan lingkungan, dan menggunakan sosial media secara positif.

Sosialisasi dilanjutkan dengan tema ‘Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA’. Pada sesi ini, narasumber yang berasal dari BNN Provinsi Sumatera Utara banyak melontarkan berbagai pertanyaan kepada para Mahasiswa Baru terkait ciri-ciri pengguna narkoba, bagaimana narkoba dapat merusak masa depan kita, serta bagaimana cara mencegahnya terkhusus di kalangan mahasiswa dan lingkungan kampus.

PKKMB masih akan berlanjut besok, Rabu (16/08) dengan serangkaian acara yang diserahkan kepada Panitia PKKMB di masing-masing fakultas sekaligus persiapan upacara HUT RI pada Kamis (17/08) mendatang.

Kru: Salamah dan Angeleva

Related articles

Recent articles