27.4 C
New York

“Traption”, Aplikasi Jasa Angkut Sampah Online Buatan Tim PKM-PI Unimed yang Mendapat Respon Baik Masyarakat Medan Tembung

Published:

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) baru-baru ini berhasil menciptakan aplikasi jasa angkut sampah online dan pelayanan kebersihan online berbasis android yang diberi nama Traption (Trash Problem Solution).

Pembuatan Aplikasi traption ini dikerjakan mahasiswa yang melakukan Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI) di Kecamatan Medan Tembung. Kegiatan PKM-PI diketuai, Bagus Kurniawan dengan beranggotakan Zulqadri, Tariza Humaira, M.Alfarhan, dan Putri Fauziahri dengan dosen pendamping Siti Rahmah, S.Pd., M.Sc. berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2021.

“Aplikasi traption, merupakan sebuah aplikasi layanan kebersihan. Aplikasi ini digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan jasa angkut sampah, membersihkan rumah, dan menjual sampah daur ulang. Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat tidak akan menumpuk sampah lagi, tidak akan membiarkan rumah kotor lagi dan mempermudah akses untuk menjual sampah daur ulang.” ucap ketua pelaksana, Bagus Kurniawan.

“Bukan hanya beroritentasi pada bisnis, aplikasi traption lahir karena kepedulian kami akan lingkungan yang kurang sehat, akibat tumpukan sampah yang tidak diolah dengan baik, padahal sampah tersebut bisa menghasilkan uang jika didaur ulang. Traption berusaha untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat, selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pengepul, kami juga berkeinginan menciptakan lingkungan yang asri, sehat, indah dan terciptanya lapangan pekerjaan baru.” Tambah Zulqadri.

Selama kegiatan tim PKM-PI melakukan riset dan mulai pembuatan aplikasi hingga akhirnya melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada mitra. Mitra traption adalah kelompok tukang sampah di Kecamatan Medan Tembung. Sistem kerja Traption memanfaatkan aplikasi sebagai penghubung antara masyarakat dengan tukang sampah. Selain mengangkut sampah, Traption juga bisa jual-beli barang bekas, pelayanan kebersihan rumah dan edukasi masyarakat tentang sampah dan kebersihan.

Aplikasi ini bisa mulai digunakan dari pertengahan bulan Juli kemarin melalui Smarthphone. Namun untuk saat ini traption hanya bisa digunakan masyarakat Kecamatan Medan Tembung saja, dengan mengunduhnya di play store melalui link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mytraption.traption
dalam 2 bulan, aplikasi ini sudah mendapatkan rating 5.0 di google play store dan juga mendapatkan ulasan positif dari para pengguna.
“Aplikasi nya bagus dan gampang di pakai, ada panduannya juga dan info mengenai sampah, harga juga terjangkau. Semoga dengan begini bisa mengurangi limbah sampah,” tutup Yulan Ria.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles