12.9 C
New York

Semarak Pendidikan Masyarakat FIP Unimed

Published:

Medan, Persma Kreatif— Semarak Pendidikan Masyarakat digelar oleh HMJ Pendidikan Masyarakat FIP Unimed dengan tema “Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa Wujudkan Prestasi di Kampus Merdeka. ” acara ini di selengarakan selama dua hari (8-9/11). di Pelataran Parkiran FIP Unimed, 2022.

Adapun rangkaian acara Semarak Pendidikan Masyarakat diantaranya Perlombaan Tingkat Nasional Lomba Debat, Lomba Karya Tulis, Lomba Pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Lomba Opini, Lomba Fotografi, Lomba Produk, Inovasi, Lomba Gagasan Tertulis, dan Lomba Podcast.

Selain perlombaan tingkat nasional, dilaksanakan juga Workshop dengan tema Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat, Diskusi Panel tentang Inovasi Pendidikan Masyarakat di Era Digital dan Bedah Buku dengan tema Kemitraan Pembelajaran dalam Merdeka Belajar.

Ratusan mahasiswa pun antusias mengunjungi Pameran Produk Inovasi Mahasiswa, Pameran Fotografi, Donor darah untuk PMI, Penampilan Vocal, Gitar Solo, Musikal Puisi, Penampilan Musik Mahasiswa dan Dosen FIP, Tari tradisional dan modern dance, Cosplay hantu, Stand Up Comedy, dan 50 stand bazaar yang terdiri dari Bazaar Buku, Bazaar Makanan dan minuman, Produk UMKM, Souvenir, dan lainnya.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor, Dekan FIP Prof. Dr. Yusnadi, MS. beserta Wakil Dekan FIP, Dekan se-lingkungan Unimed, Kajur Pendidikan Masyarakat Dr. Sudirman, SE., M.Pd., Sekjur Pendidikan Masyarakat Fauzi Kurniawan, S.Psi., M.Psi., Fungsionaris FIP, Dosen dan Tendik FIP Unimed, Undangan dan ratusan mahasiswa FIP Unimed.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pendidikan Masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk kreatifitas mahasiswa dan menciptakan kolaboratif yang produktif. Kegiatan ini juga sesuai dengan IKU PTN yang kedua yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, terdiri dari data aktifitas pengalaman di luar kampus dan prestasi. Oleh karena itu, saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa FIP Unimed, khususnya mahasiswa Pendidikan Masyarakat. Saya sangat bangga acara ini beragam kegiatannya, mulai dari perlombaan tingkat nasional, workshop, diskusi panel, bedah buku dan pameran produk inovasi. Sesuai dengan tema yang diangkat Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa Wujudkan Prestasi di Kampus Merdeka. Semoga acara ini memberikan manfaat dan meningkatkan literasi mahasiswa maupun masyarakat.

Dekan FIP Unimed Prof. Dr. Yusnadi, MS. juga mengucapkan rasa bangga dan ungkapan terimakasih kepada Mahasiswa dan Dosen Penmas atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support dari berbagai, baik pihak sponsor, media partner, stakeholder, pimpinan Unimed, alumni dan mahasiswa sehingga acara ini berjalan dengan baik dan sukses.

Selanjutnya Prof. Yusnadi mengatakan Mahasiswa pendidikan masyarakat harus menjadi panutan di dalam masyarakat agar nantinya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang diharapkan memiliki kemampuan, keterampilan, dan akhlak mulia yang dapat dimanfaatkan ketika terjun langsung di kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, untuk menjadi seorang mahasiswa Penmas tidak bisa hanya sekedar belajar melalui teori saja namun harus diperkaya dengan pengetahuan dari segi praktik maupun kemasyarakatan, hingga nantinya mahasiswa Penmas ini dapat membantu dan berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat di masa yang akan datang, untuk menciptakan masyarakat yang berdaya tentunya diperlukan suatu kesiapan dan kemantapan yang matang, salah satu persiapan yang dapat dilakukan oleh para pendidik masyarakat ialah dengan melakukan pengembangan pendidikan nonformal. Mahasiswa pendidikan masyarakat juga dilatih dan didorong untuk mengasah potensi dan kreativitas nya agar selalu mengikuti berbagai kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan Penmas itu sendiri.”

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Penmas Unimed, namun karena pandemi yang datang belakangan, sebelumnya kita melaksanakannya melalui daring. Setelah masa Pendemi, kita dapat kembali menyelenggarakan kegiatan ini secara offline. Semoga acara ini semakin menumbuhkan kekompakan, kolaboratif dan meningkatkan prestasi mahasiswa,” ucap Dekan FIP Unimed.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles