15.3 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi V Feature

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) oleh Persma Kreatif Unimed. Kegiatan ini merupakan PJTD ke-5 dari 16 PJTD yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan. PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru ke-34 (CKB-34) Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga sanggup berkontribusi di Persma Kreatif.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-5 dibawakan oleh kakak Maya Dewi Kurnia, S.S., M.Pd. dengan materi ā€œFeatureā€.  PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting yang diikuti sekitar 31 peserta CKB 34 (Calon Kru Baru) dan beberapa kru panitia. Sabtu (9/4/22) pukul 14.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Kak Maya merupakan Mantan Pimpinan Redaksi Persma Kreatif Unimed dan merupakan Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) di Cirebon. Sebelum masuk materi, Kak Maya menyampaikan bahwa beliau bisa bekerja di Harian Medan Bisnis dan sampai menjadi sekarang berkat Persma Kreatif, beliau belajar mengenai kejurnalistikan dari Unit Kemahasiswaan ini. Kak Maya menyampaikan materi feature mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, tujuan, jenis, anatomi dari feature, syarat persamaan dan perbedaan feature dengan berita, serta tips dalam penulisan feature.

Setelah penyampaian materi, dilakukan sesi tanya jawab oleh pemateri dengan CKB yang dipandu oleh moderator. Kemudian, dilakukan sesi foto bersama. 

Kak Maya menyampaikan harapannya kepada CKB-34 agar mereka tetap belajar. Jangan setengah-setengah dan tetap belajar secara totalitas tanpa batas. Dan Jika sudah masuk ke Persma Kreatif, jangan nanggung-nanggung dan harus ikut berpartisipasi disetiap kegiatannya. Beliau juga menyampaikan bahwa dari Persma Kreatif kita bisa belajar dan bisa meraih profesi ataupun impian yang kita inginkan.

Kru : Yiska Hairani G.

Related articles

Recent articles