12.9 C
New York

Laksanakan Seminar Literasi, Muda Bicara Angkat Tema “Curhat di Medsos Bisa Jadi Uang? Gimana Caranya?”

Published:

​Medan, Persma Kreatif- Forum Indonesia Muda (FIM) Medan sukses laksanakan Seminar literasi Muda Bicara bertajuk “Curhat di Medsos Bisa Jadi Uang? Gimana Caranya?” pada Minggu (4/9). Acara yang diikuti oleh 40 peserta ini diadakan secara tatap muka dan berlokasi di Gedung Bina Graha Pemprovsu pada pukul 13.00-16.00. Pada kegiatan ini, FIM menggandeng Anugrah Roby Syahputra sebagai pembicaranya.

​Muda Bicara merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Forum Indonesia Muda. Kegiatan Muda Bicara dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Pada tahun 2022, kegiatan Muda Bicara diadakan pada bulan September dan bulan November. Muda Bicara merupakan kegiatan seminar/webinar yang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menganalisa sistem kepenulisan yang diisi oleh pembicara yang ahli dalam bidang menulis.

​“Sebenarnya, yang menjadi target Muda Bicara sendiri adalah anak-anak muda, baik pelajar maupun mahasiswa. Namun, terdapat juga pegiat literasi atau perwakilan sekolah seperti guru yang turut ikut serta dalam kegiatan Muda Bicara,” ujar Kristina selaku sekretaris bendahara Forum Indonesia Medan.

Dalam kegiatannya, Muda Bicara selalu mengangkat tema yang tengah booming di kalangan anak muda. Pada kegiatan kali ini, kegiatan Muda Bicara tertarik mengangkat tema yang berkaitan dengan kebiasaan khalayak muda yang menggunakan sosial media sebagai tempat curhat dan berkeluh kesah. Seperti yang kita ketahui, pada masa kini, kalangan muda menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berselancar di sosial media. Hal tersebut memunculkan pertanyaan baru yaitu mengenai bagaimana cara agar waktu yang dihabiskan dalam bersosial media tersebut tidak terbuang sia-sia, sebaliknya menjadi kegiatan yang produktif bahkan dapat menghasilkan uang. Hal tersebutlah yang dikupas tuntas pada acara seminar literasi tersebut.

Adapun beberapa poin yang disampaikan pemateri kepada peserta seminar “Curhat di Medsos Bisa Jadi Uang? Gimana Caranya?” yaitu meliputi strategi menghasilkan uang dari sosial media, trik menghasilkan uang dari menulis, hingga dasar-dasar kepenulisan yang baik hingga nantinya dapat menghasilkan uang.

“Harapannya semoga kegiatan Muda Bicara dapat menjangkau lebih banyak anak muda dan dapat mengedukasi masyarakat dengan topik bahasan seru lainnya. Harapan ke depannya, Muda Bicara tetap eksis dan berjalan dengan baik,” ujar Kristina menyampaikan harapannya. “Sejauh ini, jumlah peserta yang hadir masih sedikit. Harapan ke depannya, peserta dapat bertambah lebih banyak,” tutupnya.

Kru: Adis Ginting

Related articles

Recent articles